Breaking News:

Berita Jatim

Gubernur Khofifah Paparkan Pemulihan Ekonomi Jawa Timur Menguat, Kinerja Ekspor Meningkat

Gubernur Khofifah memaparkan pemulihan ekonomi Jawa Timur menguat di tengah gempuran pandemi Covid-19, kinerja ekspor meningkat.

SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Gubernur Khofifah Paparkan Pemulihan Ekonomi Jawa Timur Menguat, Kinerja Ekspor Meningkat. 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan, ada sinyal positif dalam upaya pemulihan ekonomi Jawa Timur.

Ia menyebutkan, ekonomi Jatim terus menguat di tengah gempuran pandemi Covid-19 (virus Corona).

Hal ini ditandai kinerja ekspor yang terus bergerak positif sejak awal tahun 2021. 

Pasalnya selama tahun 2020, kinerja ekspor Jatim terkontraksi, namun perlahan kinerja ekspor Jatim kembali membaik dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Khofifah memaparkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, kinerja ekspor Jatim pada bulan Februari 2021 meningkat 11,05 persen dibandingkan dengan bulan Januari di tahun yang sama. Dari sebelumnya yang hanya senilai 1,53 miliar dollar AS menjadi 1,70 miliar dollar AS. 

Tidak berhenti di situ, di Bulan Maret 2021 nilai ekspor Jatim kembali naik sebesar 17,94 persen atau mencapai 2 milliar dollar AS dibandingkan dengan Bulan Februari.

Peningkatan tersebut, didukung oleh kinerja ekspor nonmigas Jatim dengan kontribusi sebesar 91,83 persen dari total ekspor Bulan Maret. 

“Nilai ekspor nonmigas Jatim di Bulan Maret 2021 meningkat sebesar 22,45 persen dibandingkan bulan Februari yaitu dari 1,52 miliar dollar AS menjadi 1,84 miliar dollar AS,” terangnnya. 

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021 Jawa Timur, Polisi Siap Berjaga di Tiga Akses Masuk Lumajang

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ekspor Furniture dari Sidoarjo Malah Meningkat Drastis

Adapun komoditas unggulan ekspor Jatim yang meningkat di antaranya, tembaga, sisa dan skrap dari logam mulia lainnya, kayu, paduan fero, feronikel, udang serta udang besar tidak dalam kemasan kedap udara. 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved