Breaking News:

Berita Madiun

Bikin Paspor di Kantor Imigrasi Madiun Kini Makin Mudah dengan Inovasi PECEL PINCUK JOSS

Pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Madiun kini menjadi makin mudah dengan inovasi PECEL PINCUK JOSS. Apa itu?

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kakanim Madiun, Adithia Perdana, dan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Krismono, meresmikan inovasi layanan 'PECEL PINCUK JOSS', Senin (26/4/2021). 

Reporter: Rahadian Bagus | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Membuat paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun, kini semakin mudah.

Saat ini, Kantor Imigrasi Madiun, membuat inovasi Pelayanan Cepat Online Pemohon Izin Tinggal Cuma Duduk Jemput Ora Suwi-suwi (PECEL PINCUK JOSS). 

Inovasi yang baru saja diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, Krismono, Senin (26/4/2021) ini, memudahkan para pemohon paspor.

Kepala Kantor Imigrasi Madiun, Adithia Perdana, mengatakan beberapa inovasi terbaru di antaranya pengembangan inovasi drive thru, penambahan CCTV, serta alat komunikasi dua arah pemohon dan petugas.

"Kami melakukan pengembangan inovasi drive thru, untuk memberikan kemudahan bagi pemohon paspor, sekaligus upaya pencegahan penularan Covid-19," kata Adithia Perdana, Selasa (27/4/2021). 

Dia menuturkan, pemohon paspor yang sudah mengisi berkas administrasi dan melakukan pembayaran, akan mendapatkan SMS pemberitahuan apabila paspor sudah siap diambil. 

Baca juga: Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Polisi Dirikan Pos Penyekatan di Perbatasan Madiun-Nganjuk

Baca juga: Dukung Larangan Mudik, PT KAI Daop 7 Madiun Dukung Upaya Pemerintah Memutus Rantai Sebaran Covid-19

"Pemohon nanti tinggal datang dengan membawa bukti pembayaran, nanti discan di mesin drive thru. Selanjutnya petugas akan mengarahkan ke loket pengambilan paspor, jadi tidak perlu turun dari kendaraan," jelasnya.

Untuk pemohon yang datang ke kantor, pihak Kantor Imigrasi Madiun juga memberikan pelayanan maksimal dengan beberapa inovasi baru. Di antarnya, pemberian Welcome Drink, Sales Paspor serta perubahan toilet Kanim Madiun dan Ruang Pojok Baca yang nyaman.

"Jadi ada petugas khusus untuk men-guide, kami beri nama sales paspor. Dua orang petugas ini khusus ditugaskan untuk men-guide pemohon paspor. Jadi misalkan ada pemohon datang, selain ditunjukan juga diarahkan," pungkasnya.

Berbagai inovasi Kantor Imigrasi Madiun mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Krismono.

Baca juga: Pemkab Nganjuk Siapkan Ratusan Personel Gabungan Terapkan Larangan Mudik Lebaran 2021

Baca juga: Organda Trenggalek Pasrah dengan Kebijakan Larangan Mudik Lebaran 2021: Wong Gak Boleh Jalan

Kakanwil yang datang langsung untuk meresmikan inovasi layanan "PECEL PINCUK JOSS", menyampaikan, Kanim Madiun sudah layak mendapatkan predikat WBBM.

"Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun sudah mewujudkan semboyan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dalam kurun waktu dua bulan menjabat sebagai kepala kantor. Semoga pemahaman mengenai apa itu zona integritas WBK/WBBM menyeluruh dari tingkat pimpinan sampai tingkat bawah serta masyarakat pemohon jasa keimigrasian," kata Krismono.

Berita tentang Madiun

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved