Breaking News:

Berita Bojonegoro

BPJAMSOSTEK Bojonegoro dan Komisi IX DPR RI Sosialisasi Program Jaminan Sosial ke Pekerja Informal

BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro sosialisasikan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) ke pekerja sektor informal.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro saat sosialisasi manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) ke pekerja sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) di Kecataman Sekar,  Bojonegoro, Selasa (27/4/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial / BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro kembali sosialisasikan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) ke pekerja sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) di Kecataman Sekar,  Bojonegoro, Selasa (27/4/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Dolik Yulianto, Kepala Bidang Kepesertaan Setyoningsih dan anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri, yang diwakili oleh Bambang Sutriyono Wakil Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Bambang mengatakan, acara sosialisasi ini merupakan inisiatif dan prakarsa dari Abidin Fikri,  anggota DPR RI Komisi IX yang membidangi ketenagakerjaan dan kesehatan.

"Beliau semalam memberikan mandat kepada saya untuk mewakili kegiatan hari ini karena ada hal yang tidak bisa ditinggalkan dan memohon maaf seharusnya beliau dapat hadir di kecamatan sekar ini”. ujarnya.

Baca juga: Sosialisasi Penguatan Paritrana Award-Jaminan Kehilangan Kerja, BPJAMSOSTEK Bojonegoro Gelar Webinar

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Dolik Yulianto mengatakan, ada empat program kemanfaatan BPJS Ketenagakerjaan,  yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian(JKM) , Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan yang baru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Melalui program perlidungan jaminan social ketenagakerjaan, pemerintah memberikan perlindungan untuk menjamin kesejahteraan para pekerja," jelasnya.

Menurut Dolik, BPJS Ketenagakerjaan lahir berdasarkan UU 24 Tahun 2011 dan BPJS Ketenagakerjaan ini melindungi seluruh pekerja baik formal maupun informal.

"BPJAMSOSTEK ini adalah badan hukum publik non profit oriented atau tidak mencari keuntungan, murni menjalankan program pemerintah untuk menyejahterakan seluruh tenaga kerja dan keluarganya," imbuh Dolik Yulianto.

Baca juga: Setahun Masa Pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro Bayar Klaim Sebesar Rp 77 Miliar

Untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK sektor informal adalah seluruh pekerja seperti petani, tukang ojek, tukang becak, toko kelontong dan lain sebagainya, yang menjalankan usahanya secara mandiri.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan Setyoningsih menambahkan, tentang pentingnya manfaat program Jaminan Sosial dan peningkatan manfaat program JKK dan JKM yang diberikan kepada pekerja Indonesia tanpa kenaikan iuran. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 tentang perubahan atas PP Nomor 44 Tahun 2015 tentang penyelenggara Program Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang telah ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2019.

“Tentunya manfaat-manfaat yang akan diterima adalah bagi pekerja aktif dalam membayar iuran dan terdaftar sebagai pekerja BPJAMSOSTEK,“ jelasnya.

Untuk itu, Dolik berharap, acara yang digelar dengan anggota DPR RI ini bisa bermanfaat untuk di kemudian hari.

“Paling tidak info ini jangan di pendam sendiri, akan tetapi boleh disampaikan kepada masyarakat disekitarnya," tegasnya.

Baca juga: Keberadaan Inpres Nomor 2 Tahun 2021 Dorong BPJAMSOSTEK Percepat Lindungi Pekerja di Jawa Timur

Sementara itu, perwakilan Komisi IX DPR RI Bambang Sutriyono mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini akan digelar selama tiga hari di tiga Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

"Materi sosialisasi yang diberikan, meliputi perlindungan Jaminan Sosial kepada 200 pekerja informal di Kabupaten Bojonegoro yang diharapkannya dapat memberikan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," imbuh Bambang. (")

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved