Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan Sapi Belgian Blue dan Wagyu di Jawa Timur

Banyuwangi jadi pilot project pengembangan jenis sapi kualitas premium, yakni sapi belgian blue dan wagyu di Jawa Timur.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani meluncurkan program SMS Pisan, kepanjangan dari sapi manak setahun pisan (sapi beranak setahun sekali), Kamis (29/4/2021). 

Reporter: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur memilih Kabupaten Banyuwangi sebagai pilot project pengembangan sapi ras baru, yakni belgian blue (BB) dan wagyu. Keduanya merupakan jenis sapi kualitas premium.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Inseminasi Buatan, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Dr drh Iswahyudi, saat melakukan penyuntikan semen (bibit) sapi belgian blue dan wagyu perdana di peternakan sapi Desa Temurejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Kamis (29/4/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, Arief Setyawan.

“Di Jawa Timur, aplikasi pertama dilakukan di Banyuwangi. Jika ini sukses, akan kami kembangkan juga ke daerah lainnya di Jawa Timur,” kata Iswahyudi.

Dia mengatakan, Banyuwangi sangat tepat dipilih sebagai pilot project pengembangan sapi ras tersebut.

Alasannya, Banyuwangi memiliki sumber daya manusia (SDM) veteriner yang cukup, mulai dokter hewan hingga petugas kawin suntik, sehingga sangat mendukung pelaksanaan program tersebut. Selain itu, potensi peternakan di Banyuwangi juga cukup bagus.

“Makanya kami mantap melakukan program ini di Banyuwangi. Tidak bisa kami pungkiri progres pengembangan sapi potong di Banyuwangi menjadi bagian terpenting dari pembangunan di Jawa Timur,” kata Iswahyudi.

Belgian blue merupakan sapi jenis potong yang embrionya diimpor dari Belgia. Kelebihannya, sapi jenis ini memiliki double muscle atau otot tumpuk sehingga produksi dagingnya lebih banyak, bisa mencapai 1,5 ton per ekor.

“Ini akan meningkatkan pendapatan para peternak sapi di Banyuwangi. Peternak juga akan lebih ringan karena memelihara 1 ekor belgian blue hasilnya setara dengan memelihara 2 ekor sapi biasa,” kata dia.

Baca juga: Luncurkan Program SMS Pisan Jadi Cara Baru Banyuwangi Kerek Produktivitas Sapi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved