Breaking News:

Berita Mojokerto

Tersangka Arisan Fiktif Rp 1 M, Menangis Bawa Kabur Uang Anggota Karena Terlilit Utang Segunung

Tarmiati alias Mia (42) tersangka penipuan berkedok arisan fiktif menangis sesenggukan di Mapolres Mojokerto, Senin (24/5/2021)

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/ M Romadoni
Tersangka kasus arisan fiktif di Mojokerto 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Tarmiati alias Mia (42) tersangka penipuan berkedok arisan fiktif menangis sesenggukan di Mapolres Mojokerto, Senin (24/5/2021).

Dia mengakui semua perbuatanya telah membawa kabur uang iuran anggota arisan lebaran yang nilainya fantastis kurang lebih sekitar Rp.1 miliar.

Tersangka menggunakan uang tersebut untuk membayar angsuran dua unit kendaraan Toyota Avansa S 1481 NI dan mobil Pikap Mitsubishi Colt S 8587 RA.

Tidak hanya itu, tersangka juga memakai uang arisan untuk membangun rumah di tempat tinggalnya Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, Mojokerto yang nilainya mencapai Rp.400 juta, pada 2018 lalu.

Ia ternyata juga terlilit banyak pinjaman sehingga sisa uang hasil kejahatan  dipakainya untuk membayar utang.

"Saya tidak bisa mengembalikan uang iuran anggota arisan karena untuk membangun rumah Rp.400 juta dan sisanya buat bayar utang, total uang yang saya pakai kurang lebih Rp.1 Miliar," ungkapnya, Senin (24/5).

Tersangka Tarmiati mengatakan, dirinya sudah menjadi operator arisan lebaran ini sejak 2014 dan selalu cair tepat waktu sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Puncak Musim Panas di Sampang Diprediksi Agustus 2021, Puluhan Desa Berpotensi Terdampak Kekeringan

Banyak yang tergiur ikut arisan lantaran setiap anggotanya karena mereka akan mendapat bunga lima persen dari jumlah total nilai uang yang disetorkan pada masing-masing ketua kelompok.

Namun pertengahan Agustus 2018, tersangka mulai kebingungan mengembalikan iuran arisan lantaran dia memakai uang arisan untuk foya-foya memenuhi kebutuhan pribadinya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved