Breaking News:

Berita Kota Batu

Soal Dugaan Tindak Pidana di SPI Kota Batu, KPAI: Konsen pada Kasus Hukum, Bukan Menutup Sekolah

Terkait dugaan tindak pidana terhadap anak yang terjadi di SPI Kota Batu, KPAI: Konsen pada kasus hukum, bukan menutup sekolah.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Sekolah Selamat Pagi Indonesia atau SPI Kota Batu, Senin (31/5/2021). 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meninjau langsung Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu, Jumat (11/6/2021).

Komisioner KPAI, Putu Elvina menjelaskan, adanya desakan untuk menutup sekolah dinilainya bukan sebagai solusi yang tepat.

Ia meminta agar semua pihak dapat memahami bahwa ada anak-anak yang harus dipenuhi hak perlindungan dan pendidikannya di SPI Kota Batu.

Elvina juga meminta agar masyarakat dan pemberitaan di media massa lebih konsen pada kasus hukumnya. Pasalnya, kasus hukum yang tengah diproses di Polda Jatim dilakukan oleh oknum yang seharusnya tidak berimbas pada anak-anak di SPI Kota Batu.

“KPAI memastikan agar jangan sampai sekolah ditutup dengan alasan yang tidak mementingkan kepentingan terbaik bagi anak. Di situ ada anak-anak yang bersekolah. Kita harus memastikan mereka tetap bersekolah,” kata Elvina saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (11/6/2021).

Kata Elvina, sejumlah bukti sudah diserahkan ke penyidik di Polda Jatim. KPAI juga telah bertemu penyidik kasus dugaan tindak pelecehan seksual, kekerasan anak dan eksploitasi ekonomi, di Polda Jatim. Elvina mengatakan bahwa para penyidik berkomitmen untuk menyelesaikan kasus dengan baik.

“Karena proses hukum berjalan, kami harapkan pihak-pihak yang pernah sekolah dan mengalami mau melapor dan kami pastikan identitas mereka dilindungi. Kasus seperti ini tantangannya banyak. Makanya kemudian, dua hari ini, konsolidasi ini kami lakukan agar pihak-pihak bisa melakukan tugasnya masing-masing dengan memperhatikan prinsip perlindungan anak,” terangnya.

KPAI memprioritaskan agar anak-anak di SPI tetap terlindungi dan nyaman. Elvina menegaskan tidak boleh ada intimidasi terhadap anak-anak dan harus memastikan mereka yang ada di dalam tetap terpenuhi hak-haknya.

Baca juga: Tak Persoalkan Bantahan Pihak Sekolah SPI Kota Batu, Komnas PA Fokus Dampingi Korban

“Misalkan nanti mereka dihadapkan pada penguatan proses hukum sebagai saksi, untuk memastikan proses hukum berjalan, kalau ada yang masih sekolah, maka penting untuk didampingi. Laporan ini banyak berasal dari alumni, nanti akan kami kondisikan juga dinas agar melakukan pendampingan,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved