Breaking News:

Berita Jember

Bupati Jember Lacak Anggaran Rp 107 Miliar yang Tertulis di Silpa Tapi Tak Diketahui Keberadaannya

Pihak eksekutif dan legislatif Pemda Jember mulai membahas Perda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD Kabupaten Jember tahun 2020.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Sri Wahyunik
Bupati Jember Hendy Siswanto ketika membaca nota pengantar LPP APBD tahun 2020 di rapat paripurna DPRD Jember, Selasa (22/6/2021) 

Reporter: Sri Wahyunik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pihak eksekutif dan legislatif Pemda Jember mulai membahas Perda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD Kabupaten Jember tahun 2020.

Meski ketika itu Pemkab Jember dipimpin oleh Bupati Faida, namun LPP APBD dilakukan oleh Bupati Jember saat ini yakni Hendy Siswanto.

Pembahasan LPP APBD itu dilakukan setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Jember tahun 2020.

LHP itu merupakan hasil audit tahunan terhadap APBD Jember tahun 2020.

Sesuai tahapan, setelah itu, Pemkab dan DPRD Jember melakukan pembahasan LPP. Seperti diketahui, BPK memberikan opini Tidak Wajar atas pemakaian keuangan Kabupaten Jember tahun 2020.

Apapun hasilnya, Bupati Hendy tetap melaporkan pertanggungjawaban APBD tersebut.

Saat menyampaikan nota pengantar LPP APBD Jember tahun 2020 dalam rapat sidang paripurna di DPRD Jember, Selasa (22/6/2021), akhirnya terkuak anggaran sebesar Rp 107,09 miliar yang oleh BPK RI disebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam catatan akuntasi keuangan negara, anggaran Rp 107,1 miliar itu tercatat dalam Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) tahun 2020 sebesar Rp 842,9 miliar.

"Anggaran Rp 107 miliar itu yang termasuk dalam Silpa Rp 842 miliar. Namun uangnya itu dimana, saya juga belum tahu. Kata teman-teman (OPD terkait), sudah ada SPJ untuk anggaran itu, namun belum bisa disahkan. Itu yang saat ini masih kami pelajari," kata Hendy yang diwawancarai seusai rapat paripurna.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved