Breaking News:

Virus Corona

Kenapa Perlu Pakai Masker 2 Lapis atau Dobel? ini Kata Pakar Satgas Covid-19, Ketahui 2 Hal Penting

Mengapa perlu memakai dua masker atau masker dobel di masa pandemi Covid-19 sekarang yang kian mengganas?

Editor: Arie Noer Rachmawati
hongkongliving.com
ILUSTRASI Mengapa perlu memakai dua masker atau masker dobel di masa pandemi Covid-19 sekarang yang kian mengganas? 

Editor: Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM - Mengapa perlu memakai dua masker atau masker dobel di masa pandemi Covid-19 sekarang yang kian mengganas?

Diketahui, kasus Covid-19 di Indonesia kian meningkat apalagi sejak ditemukannya varian baru virus Corona yakni varian Delta.

Melansir Kompas.com, Senin (28/6/2021), Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, salah satu alat pelindung diri (APD) yang direkomendasikan untuk mencegah tertular penyakit yakni penggunaan masker kain dan masker bedah.

"Pertama, untuk kegiatan sehari-hari masyarakat (yang sehat), misalnya untuk di tempat kerja, berbelanja atau mengendarai motor bisa menggunakan masker kain atau masker bedah sebanyak 2 ply (2 lembar)," ujar Wiku dalam keterangan pers gugus tugas.

Sementara, bagi mereka yang menunjukkan gejala yang disertai batuk, nyeri tenggorokan, hidung berair, dan bersin-bersin, disarankan menggunakan masker sebanyak 3 lembar atau 3 lapis.

Baca juga: Cara Menggunakan Dua Masker atau Dobel yang Benar, Simak Panduan Satgas Covid-19

Apa alasan kita disarankan pakai masker 2 lapis atau masker dobel?

Seperti diberitakan Kompas.com, 24 Juni 2021, sebuah penelitian menyebutkan, masker bedah dapat menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus Corona sebanyak 84,3 persen.

Sementara, jika kita mengenakan dua masker, yaitu masker bedah dengan masker kain, maka perlindungannya bisa meningkat hingga 96,4 persen.

"Bisa lebih efektif karena masker bedah biasanya terpasang longgar dan masih menyisakan celah di atas hidung dan pipi," ujar Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting dikutip dari Kompas.com

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved