Breaking News:

Berita Gresik

Dua Kali Mediasi Gagal, Subsidi Upah Ribuan Pekerja Pabrik Sandal New Era Gresik Terancam Hangus

Rencana pemberian subsidi upah dari Pemerintah Kabupaten Gresik, kepada ribuan pekerja di PT Newera Rubberindo, masih terganjal dari perusahaan.

Penulis: Sugiyono | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sugiyono
PUK PT Newera Rubberindo, mengikuti mediasi secara online di Markas Syariah DPC FSP KEP KSPI Kabupaten Gresik komplek Terminal Bunder, Jumat (2/7/2021). 

Reporter: Sugiyono I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK -  Rencana pemberian subsidi upah dari Pemerintah Kabupaten Gresik, kepada ribuan pekerja di PT Newera Rubberindo, masih terganjal dari perusahaan.

Sebab dalam mediasi kedua secara online, perusahaan tidak hadir, Jumat (2/7/2021). Dari dua kali gagal mediasi tersebut, diharapkan ada ketegasan Pemkab Gresik

Wakil Ketua Pengurus Unit Kerja (PUK) PT Newera Rubberindo, Nono Sumanto, mengatakan, mediasi kedua yang diadakan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik bersama manajemen PT Newera Rubberindo dan PUK SP KEP KSPI PT Newera Rubberindo secara daring tidak membuahkan hasil. Sebab, dari manajemen perusahaan tidak ada yang hadir. 

Padahal, dalam mediasi kedua ini untuk memastikan pihak manajemen PT Newera Rubberindo memberikan  kepastian bisa membayar 75 persen dari upah yang belum dibayarkan.

Termasuk uang tunjangan hari raya (THR) idul Fitri tahun 2020 dan tahun 2021 yang masih kurang pembayarannya. 

"Kalau dirata-rata, masing-masing pekerja bisa mendapat Rp 20 Juta dari upah yang belum diterima sejak Januari 2021.

Ada 1.200 pekerja," kata Nono Sumanto, saat di Markas Syariah DPC FSP KEP KSPI Kabupaten Gresik komplek Terminal Bunder. 

Padahal, dari  Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik telah memberikan saran kepada perusahaan untuk tetap mempekerjakan para pekerja, sambil proses pembayaran upah lunas. Tapi, perusahaan tidak mau memberikan upah sesuai perjanjian bersama.

"Dalam perjanjian bersama itu sudah jelas. Para pekerja dibayar dan para pekerja bisa kembali bekerja," kata imbuhnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved