Breaking News:

Berita Jatim

Pameran Virtual Lokal Keren Jatim, Persembahan BRI untuk Bangkitkan UMKM Jawa Timur

Pameran virtual Lokal Keren Jatim merupakan persembahan BRI untuk membangkitkan UMKM Jawa Timur di tengah gempuran pandemi Covid-19.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Acara konferensi pers “Bangga Buatan Indonesia - Lokal Keren Jatim”. Pameran virtual ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang mengambil tema “Lokal Keren Jatim” guna mendorong pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Timur.

Sebagai upaya untuk mengenalkan pameran ini ke masyarakat luas, diselenggarakan kegiatan virtual press conference “Bangga Buatan Indonesia - Lokal Keren Jatim” yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, Public Relations PT Wings Surya, Oucky Hertanto, dan President Direktur Jayaboard, Ahmad Hamdani, Rabu (4/8/2021).

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan penuh mulai tanggal 1-31 Agustus 2021 dan merupakan wujud nyata upaya BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Seperti diketahui, BBI dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

Adapun pemerintah melalui Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan
Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, melalui gerakan BBI ini, diharapkan masyarakat semakin mencintai, mengapresiasi dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya produksi UMKM.

“Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Lokal Keren Jatim bertujuan untuk membangun semangat dan aksi mencintai, mengapresiasi, menggunakan dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya sektor UMKM, di kalangan masyarakat umum,” ujar Loto, dalam konferensi pers Bangga Buatan Indonesia - Lokal Keren Jatim, Rabu (4/8/2021).

Kata Loto, Jawa Timur dipilih dan mendapat giliran untuk mewakili daerah lainnya mengingat jumlah UMKM di provinsi ini yang begitu besar. Juga berbanding lurus dengan jumlah populasi penduduk yang bisa menjadi pangsa pasar bagi produk UMKM.

Dijelaskannya, dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved