Breaking News:

Berita Jatim

Gubernur Khofifah Optimistis Bendungan Bendo Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Wisata Baru

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada Presiden RI Joko Widodo yang hari ini secara langsung

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Selasa (7/9/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada Presiden RI Joko Widodo yang hari ini secara langsung meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Selasa (7/9/2021). 

Khofifah optimistis dengan bendungan ini maka akan mengangkat kesejahteraan masyarakat khususnya para petani dan akan meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Timur. Sebab dengan adanya bendungan berkapasitas 43 juta meter kubik ini maka akan ada 7.800 hektar sawah yang bisa teraliri. 

'Atas nama Pemprov Jatim dan rakyat Jatim kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi atas diresmikannya Bendungan Bendo di Ponorogo," kata Khofifah. "Tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, utamanya petani sehingga produktivitas pertanian semakin meningkat," tambahnya. 

Tidak hanya itu, Khofifah juga menyanpaikan bahwa bendungan ini juga mendatangkan potensi baru bagi Jawa Timur yaitu potensi wisata. Sebab dengan infrastruktur yang begitu moderen dan juga kondisi alam Ponorogo yang instagramabel, bukan tidak mungkin bendungan Bendo ini akan jadi spot wisata baru. 

"Keberadaan Bendungan Bendo ini juga dapat menjadi potensi wisata baru, menambah pasokan air baku dan mereduksi banjir sampai 30 persen. Sekali lagi maturnuwun sanget Pak Presiden," imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Selasa (7/9/2021). Didampingi Menteri PUPR, Kapolri, Gubernur Jawa Timur dan Bupati Ponorogo, Presiden Jokowi meresmikan bendungan yang memiliki kapasitas 43 juta meter kubik air tersebut.

Baca juga: Kasus Pengeroyokan Dua Anggota Pagar Nusa Tuban Masih Buram, Polisi Ungkap Kesulitan Hal Berikut

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bendungan Bendo ini dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp 1,1 trilliun.

Bendungan ini memiliki luas genangan 170 hektar, serta tinggi bendungan 74 meter. Ditegaskan Presiden Jokowi bendungan Bendo ini dibangun dengan tunuan untuk membantu meningkatkan produktivitas petani di kawasan Kabupaten Ponorogo dan sekitarnya. 

"Alhamdulillah siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai sudah rampung dan siap difungsikan," tegas Jokowi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved