Breaking News:

Berita Bisnis

Dorong Pengurangan Polusi Udara, BAF Gencarkan Penanaman Ribuan Bibit Pohon di 6 Kota

Melalui gerakan penghijauan dalam payung campaign BAF ECO Move, BAF berkomitmen untuk melakukan penanaman minimal 55.000 bibit pohon di tahun 2021.

Editor: Sudarma Adi
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Wiwin Rendra (Regional Centre Head BAF) saat menanam bibit pohon bersama Imam Rachmadi (Plt Kabid RTH Surabaya) dalam rangka BAF ECO Move di Kebun Bibit Wonorejo 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Sukses dengan penyelenggaraannya di periode pertama pada Juli 2021 lalu, Gerakan Penghijauan BAF ECO Move 2021 kembali diselenggarakan sebagai wujud kepedulian PT Bussan Auto Finance (BAF) terhadap isu lingkungan hidup yang kian menjadi perhatian berbagai kalangan, terutama pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Upaya restorasi lingkungan ini terus dilakukan BAF sebagai bentuk komitmen dan konsistensi perusahaan pembiayaan yang memberikan pembiayaan kendaraan bermotor sehingga BAF mengambil langkah untuk berperan dalam mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

Baca juga: Lewat Caring for Children, BAF Beri Bantuan Pendidikan Serentak di 23 Kota se-Indonesia

Oleh karena itu, melalui gerakan penghijauan dalam payung campaign BAF ECO Move, BAF berkomitmen untuk melakukan penanaman minimal 55.000 bibit pohon di tahun 2021 di antaranya bibit pohon produksi, bibit pohon konservasi, bibit pohon pelindung, dan bibit tanaman hias yang memiliki manfaat menyerap karbon dioksida (CO2) di udara dan dapat menyerap banyak air.

Penanaman bibit pohon ini terbagi menjadi 3 (tiga) tahap selama tahun 2021. Pada periode pertama (Juli 2021) telah dilakukan penanaman 17.000 bibit pohon di kota Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Makassar yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup/Dinas Kebersihan & Pertamanan di masing-masing kota tersebut di atas.

Baca juga: BAF Lakukan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Kerja dan Karyawannya

Pada periode kedua (Oktober 2021), 22.200 bibit pohon akan didonasikan untuk  kemudian ditanamkan di 6 kota yang sama seperti periode pertama, di mana bibit pohon/tanaman tersebut merupakan sumbangsih dari BAFers (karyawan BAF) yang telah memberikan donasi berupa bibit pohon secara langsung serta dukungan  BAF Friends (konsumen BAF) yang mendapatkan fasilitas pembiayaan selama September 2021 baik melalui aplikasi BAF Mobile, website BAF, maupun kantor jaringan BAF yang tersebar di seluruh Indonesia.

Proses penyerahan donasi dan penanaman bibit pohon tersebut dilakukan mulai Selasa (12/10/2021) dan masih bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Dengan #CicilAjadiBAF, BAF Friends yang mengajukan pembiayaan motor baru Yamaha, motor bekas berkualitas, mobil baru, elektronik & perlengkapan rumah tangga, mesin pertanian, dan BAF Dana Syariah melalui BAF selama September 2021 secara otomatis telah berkontribusi dalam mendukung upaya BAF untuk pelestarian lingkungan.

E- Green Certificate BAF ECO Move juga diberikan sebagai apresiasi terhadap dukungan BAFers maupun BAF Friends dalam program ini secara paperless sebagai upaya BAF untuk mengurangi penggunaan kertas.

Presiden Direktur BAF Lynn Ramli menjelaskan bahwa Gerakan Penghijauan BAF ECO Move ini akan terus dilakukan sepanjang 2021 sebagai komitmen dan bentuk nyata kepedulian BAF terhadap lingkungan.

“Kami antusias menggelar Gerakan Penghijauan BAF ECO Move. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari BAFers dan BAF Friends yang telah bergabung pada BAF ECO Move. Semoga upaya yang kita lakukan dapat membawa dampak besar bagi lingkungan melalui penanaman 22.200 bibit pohon di 6 kota besar Indonesia,” tuturnya dalam rilis, Selasa (12/10/2021).

Lynn menyampaikan, Gerakan Penghijauan BAF ECO Move adalah salah satu langkah BAF dalam penerapan keuangan berkelanjutan.

"Tentunya selain perwujudan komitmen BAF untuk melestarikan lingkungan, BAF sebagai pelaku bisnis, melalui program BAF ECO Move ini kami berharap dapat turut berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs),” ungkapnya.

Penyelenggaraan BAF ECO Move periode kedua ini juga salah satu bagian dari rangkaian program tanggung jawab sosial BAF dalam rangkaian SEMARAK BAF 24 Tahun yang jatuh pada 24 September 2021 lalu.

"Mari kita ciptakan kualitas udara yang lebih baik melalui satu langkah yang berdampak besar terhadap lingkungan sekitar," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved