Breaking News:

Berita Trenggalek

Tempat Wisata di Trenggalek Mulai Dipasang QR Code Pedulilindungi

stinasi wisata di Kabupaten Trenggalek mulai dipasang QR code untuk dipindai dengan aplikasi PeduliLindungi. Hingga Sabtu (29/10/2021), sebanyak

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Destinasi wisata yang memasang QR code di Kabupaten Trenggalek. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEKDestinasi wisata di Kabupaten Trenggalek mulai dipasang QR code untuk dipindai dengan aplikasi PeduliLindungi.

Hingga Sabtu (29/10/2021), sebanyak 27 destinasi telah memasang QR Code tersebut. QR code itu dipasang di pintu masuk wisata masing-masing destinasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menjelaskan, nantinya seluruh destinasi akan memasang QR code serupa.

Baca juga: Dinkes Gresik Buka Layanan Imunisasi Jemput Bola untuk Vaksin PCV

Saat ini, proses penerbitan QR code masih berjalan sembari menunggu aturan pembukaan destinasi.

Sunyoto menyatakan, QR code ini akan dipakai untuk skrining para wisatawan yang akan berkunjung ke tiap tempat wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Sekaligus untuk memastikan secara akurat, berapa jumlah pewisata yang masuk pada sebuah destinasi, kemudian untuk mengetahui apakah wisatawan sudah divaksin atau belum. Intinya, ini untuk mengoptimalkan prokes (protokol kesehatan),” ujar dia.

Dengan adanya QR code, lanjut dia, pemkab membuka kemungkinan aturan soal pembatasan wisatawan yang boleh masuk ke destinasi. Misalnya, mereka yang boleh masuk ke area wisata adalah mereka yang telah divaksin Covid-19.

Dengan demikian, risiko penularan virus corona di tempat wisata bisa lebih diminimalisir.

Dinas, kata Sunyoto, juga telah meminta para pengelola destinasi untuk melakukan latihan dan menggelar uji coba penggunaan QR code untuk skrining wisatawan yang datang.

Menurut Sunyoto, masih ada beberapa pengelola yang binggung dan kikuk dengan penerapan QR code tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved