Breaking News:

Berita Jatim

Polda Jatim Mudahkan Warga Cek Pelanggaran E-TLE dan INCAR Lewat Aplikasi SKRIP, Buruan Download!

Ditlantas Polda Jatim meluncurkan aplikasi Skrining Riwayat Pengendara (SKRIP) yang dapat diunduh secara gratis dalam ponsel melalui Appstore dan iOS,

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/LUHUR PAMBUDI
Tampilan aplikasi Skrining Riwayat Pengendara (SKRIP) yang dapat diunduh secara gratis dalam ponsel melalui Appstore dan iOS 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA-Ditlantas Polda Jatim meluncurkan aplikasi Skrining Riwayat Pengendara (SKRIP) yang dapat diunduh secara gratis dalam ponsel melalui Appstore dan iOS, pada Senin (15/11/2021).

Aplikasi tersebut, memiliki sejumlah fitur yang akan memanjakan masyarakat untuk memperoleh pelayanan lalu lintas yang berkenaan dengan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dan Integrated Note Capture Attitude Record (INCAR).

Baca juga: 12 Mobil INCAR Mulai Berpatroli Merekam Video & Foto Bukti Pelanggaran Lalu Lintas di Kawasan Jatim

Fitur yang dimaksud meliputi, 1) Pemberitahuan Surat Konfirmasi Pelanggaran; 2) Identitas Data Kepemilikan SIM dan Kendaraan; 3) Akumulasi Bobot Poin Pelanggaran Data Laka Lantas; 4) Informasi Terbaru Tentang Pelayanan Lalu Lintas

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat akan lebih cepat memperoleh informasi mengenai penilangan via ETLE dan INCAR yang baru saja dilakukan saat melenggang berkendara di jalan raya.

Baca juga: Viral Altet Peraih Emas Kembali Cangkul Sawah, Kini Senang Ditelpon Kapolri dan Ditawari Jadi Polisi

Tentunya, disertai sejumlah bukti. Isinya, informasi seputar jenis pelanggaran yang dilakukan, kapan pelanggaran itu dilakukan, di mana lokasi pelanggaran itu terjadi, dan pengendara juga dapat melakukan konfirmasi penolakan atas dugaan pelanggaran lalu lintas tersebut.

Baca juga: Misteri Pembunuh Janda di Menganti Gresik Terungkap, Pelaku Kenal dari Facebook dan Minta Balikan

Sehingga masyarakat tidak lagi harus meraba-raba atau bahkan menunggu datangnya surat laporan hasil bukti tilang yang dikirim melalui sarana jasa pengiriman Pos Indonesia, sebagai tanda si pengendara tersebut terbukti melanggar.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menerangkan, segala bentuk pelanggaran lalu lintas yang berhasil ditangkap oleh sistem E-TLE dan INCAR bakal diinformasikan kepada masyarakat secara efektif dalam aplikasi SKRIP.

Baca juga: Ada Pengunjung Tak Bertiket Jadi Korban Pohon Tumbang Timpa Warung di Wisata Jolotundo

Aplikasi tersebut akan menyajikan data lengkap berisi bukti pelanggaran berupa foto dan video. Kemudian, fitur layanan pembayaran denda tilang.

"Lalu ke depan, terus melakukan analisa dan evaluasi sehingga apabila ada kekurangan-kekurangan terkait dengan mewujudkan program INCAR maupun SKRIP ini bisa segera dilakukan perbaikan," ujarnya di Taman Bungkul, Surabaya, Senin (15/11/2021).

Layanan lalu lintas berbasis digital tersebut, sekaligus juga bertujuan untuk meminimalisir potensi penyalahgunaan yang dilakukan petugas di lapangan.

Nico juga menegaskan, adanya layanan lalu lintas berbasis aplikasi tersebut bukan untuk menakuti masyarakat.

Melainkan mempermudah masyarakat, guna mengetahui; kapan, dimana, dan bagaimana bentuk pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

"Yang kedua, petugas polisi lalu lintas tidak bersentuhan dengan masyarakat. Otomatis akan mengurangi  baik resiko untuk petugas, maupun resiko untuk masyarakat dalam melakukan kegiatan yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved