Breaking News:

Berita Malang

Resmi Dilaunching, Mobil INCAR Polresta Malang Kota Siap Mengincar Pelanggar Lalu Lintas

Resmi dilaunching, mobil INCAR Polresta Malang Kota siap mengincar pelanggar lalu lintas. Mobil tersebut dilaunching bersamaan dengan bus Macito dan m

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Mobil INCAR Polresta Malang Kota. Mobil tersebut akan difungsikan pada Sabtu (1/1/2022) untuk menindak para pelanggar lalu lintas di wilayah Kota Malang. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Resmi dilaunching, mobil INCAR Polresta Malang Kota siap mengincar pelanggar lalu lintas. Mobil tersebut dilaunching bersamaan dengan bus Macito dan mobil derek, dalam kegiatan Peresmian Hasil Program Prioritas Dishub Kota Malang 2021, Jumat (31/12/2021).

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto melalui Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengatakan, mobil INCAR tersebut akan resmi difungsikan pada Sabtu (1/1/2022).

"Jadi, mobil tersebut akan berjalan di seluruh jalan di Kota Malang. Keistimewaannya, kalau CCTV E-TLE bersifat statis, sedangkan kalau INCAR bisa mobile melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Pria yang akrab disapa Yoppi ini juga menjelaskan, cara kerja dari mobil INCAR tersebut.

"Saat mobil INCAR melakukan patroli, Artificial Intelligence (AI) kamera yang akan melakukan penindakan. Jadi, AI kamera ini mengetahui pengguna jalan yang mematuhi aturan lalu lintas dan mana yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Contohnya seperti pelanggaran tidak menggunakan helm, lampu mati, tidak menggunakan sabuk pengaman ataupun melawan arus dan rambu-rambu lalu lintas," bebernya.

Baca juga: Polresta Malang Kota Akan Segera Miliki Mobil INCAR, Ditargetkan Beroperasi di Awal Tahun 2022

Apabila ditemukan pelanggaran lalu lintas, maka sistem INCAR akan mengirimkan bukti pelanggaran ke server Polresta Malang Kota. Selanjutnya, petugas akan mengirimkan surat tilang kepada pemilik kendaraan yang melanggar tersebut.

"Kami kirim surat tilang kepada pemilik mobil ataupun sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas, disertai dengan bukti foto pelanggaran. Nantinya, para pelanggar bisa membayar denda tilang melalui transfer di Briva ataupun mengikuti sidang manual. Dan perlu diingat, mobil INCAR dioperasikan setiap hari," ungkapnya

Yoppi berharap dengan adanya mobil INCAR tersebut, tingkat kedisiplinan berlalu lintas di wilayah Kota Malang akan meningkat.

"Oleh karena itu kami berharap kepada masyarakat, berkendaralah yang aman dan selalu mematuhi aturan berlalu lintas. Jangan menunggu ditilang dulu. Biasakan keselamatan berlalu lintas sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved