Berita Batu

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Dorong Mahasiswa Poltekad Buat Perlatan Perang Cyber

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman mendorong Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) mencetak para sarjana yang dapat menciptakan

Penulis: Benni Indo | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Benni Indo
Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman saat meninjau peralatan tempur buatan wisudawan Poltekad Angkatan III di Desa Pendem, Kota Batu, Kamis (3/2/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATUKepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman mendorong Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) mencetak para sarjana yang dapat menciptakan peralatan perang cyber. Dudung yang menghadiri wisuda mahasiswa Poltekad di Desa Pendem, Kota Batu, mengatakan bahwa perang di masa mendatang akan banyak mengandalkan peralatan canggih.

“Pendidikan di Poltekad harus terus dikembangkan. Dalam waktu dekat Poltekad juga akan menambah dua program studi baru yakni Prodi Rekayasa Senjata dan Cyber. Ini sangat diperlukan karena perang ke depan memerlukan cyber,” paparnya, Kamis (3/2/2022).

Dalam proses acara wisuda tersebut, Dudung juga melihat langsung produk dari para mahasiswa Poltekad. Sejumlah peralatan perang dibuat oleh para mahasiswa, mulai dari ban tanpa angin hingga radar yang bisa mengetahui sumber arah tembakan.

Termasuk juga alat yang bisa memetakan kawasan melalui udara secara detail.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Petugas Gencarkan Operasi Yustisi di Tempat Hiburan Kota Blitar

Dudung merasa bangga dengan produk-produk yang dibuat oleh para lulusan Poltekad angkatan ketiga tersebut. Menurutnya, para mahasiswa yang lulus tersebut akan menjadi prajurit andalan di kesatuannya masing-masing.

“Kemampuannya seimbang dengan pangkatnya, yang nantinya akan ditempatkan sesuai dengan satuan yang dibutuhkan. Setiap kelulusan pasti ada program temuan baru. Memang harus ada inovasi karya,” papar Dudung.

Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) TNI AD menggelar Wisuda Diploma 4 Angkatan III Tahun Pendidikan 2018-2022. Dalam wisuda yang diikuti 50 lulusan terbaik tersebut, ada 17 wisudawan yang akan melanjutkan pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa). 17 lulusan tersebut yang berusia mulai 27 tahun.

“Kebijakan saya dengan melihat kualitas dan hasil dari pendidikan yang selama empat tahun ini membanggakan, dan ini merupakan tenaga ahli yang nantinya dalam satuan bisa mendukung tugas pokok. Mereka akan diprioritaskan melanjutkan pendidikan ke Perwira. Normalnya usia 35 hingga 40 tahun, khusus mereka minimal usia 27,” kata Dudung.

Jumlah lulusan sebanyak 50 mahasiswa terdiri atas 15 orang wisudawan Prodi Elektronika Sistem Senjata, 18 wisudawan Prodi Telekomunikasi Militer dan 17 orang wisudawan Prodi Otomotif Kendaraan Tempur. Mereka mendapatkan gelar S.T.Tr. (Sarjana Teknik Terapan). (Benni Indo)

Kumpulan berita Batu terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved