Berita Kota Kediri

Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Vaksinasi Booster di Kediri Mall Ramai Diserbu Masyarakat

Jadi satu di antara syarat untuk melakukan mudik Lebaran 2022, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Kediri Mall ramai diserbu masyarakat.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi booster yang digelar Dinas Kesehatan Kota Kediri di Kediri Mall, Kamis (7/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri di Kediri Mall ramai diserbu masyarakat, Kamis (7/4/2022).

Banyaknya masyarakat yang mendatangi gerai vaksin tidak lepas dari vaksinasi booster yang menjadi salah satu syarat perjalanan mudik di dalam negeri.

Syarat itu tertuang pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 16 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Di dalamnya tertulis jika Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, di mana banyak masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adima menjelaskan, pihaknya tidak menyangka vaksinasi booster di Kediri Mall selama bulan Ramadan mendapat respons positif yang luar biasa dari masyarakat.

"Saya senang sekali antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi begitu tinggi. Belum ada satu jam dibuka sudah ada 100 lebih masyarakat yang antre. Ini tidak lepas dari adanya aturan bagi yang melakukan vaksinasi booster tidak wajib menunjukkan test PCR atau antigen saat bepergian," ungkap Fauzan Adima.

Selama bulan Ramadan, Dinas Kesehatan Kota Kediri membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Kediri Mall hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Vaksinasi yang diberikan adalah vaksinasi Covid-19 dosis satu, dua, dan booster untuk usia 18 tahun ke atas. Pelayanan ini bukan hanya untuk masyarakat ber-KTP Kota Kediri saja, KTP luar Kota Kediri juga diperbolehkan untuk mengikuti vaksinasi.

Setiap harinya Dinkes Kota Kediri menargetkan 250 dosis untuk usia di atas 18 tahun. Vaksinasi ini disambut antusias masyarakat.

Dokter Fauzan Adima berharap, kegiatan tersebut dapat terus berjalan, sehingga seluruh masyarakat Kota Kediri dapat mengikuti vaksinasi hingga dosis ketiga.

"Setelah bulan Ramadan kita dapat melakukan pemberian vaksinasi ke seluruh masyarakat, khususnya di Kota Kediri. Saat ini capaian vaksinasi masyarakat Kota Kediri untuk dosis ketiga masih sekitar 21 persen," jelasnya.

Sementara Reza, salah satu peserta vaksinasi booster mengatakan, selain untuk kesehatan mengikuti vaksinasi, agar tidak mengalami kendala dalam persyaratan pada mudik Lebaran 2022.

"Saya mendengar jika vaksinasi booster menjadi syarat untuk melakukan mudik Lebaran tahun ini, sehingga saya mengikuti vaksinasi dosis ketiga. Semoga vaksinasi ini dapat menghindarkan kita dari virus Covid-19," ungkapnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved