Berita Jatim

BI Jatim Buka Layanan Tukar Uang Drive Thru di Akhir Pekan, Siapkan Uang Tunai Rp 12 Triliun

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (BI Jatim) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12 triliun untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Hari

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Januar
SHUTTERSTOCK/Pramata
Ilustrasi uang baru untuk lebaran 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (BI Jatim) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12 triliun untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 ini. Khusus untuk layanan penukaran uang baru, BI Jatim menambah cara drive thru untuk penukaran uang baru di akhir pekan.

Kepala BI Jatim, Budi Hananto, mengatakan, kebutuhan uang tunai setiap Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri selalu mengalami peningkatan.

"Termasuk tahun ini yang secara nasional telah diprediksi akan mengalami kenaikan sekitar 13,4 persen dibanding realisasi tahun lalu," kata Budi Hananto, saat kick off layanan penukaran uang baru melalui cara drive thru di kantor BI Jatim, Sabtu (9/4/2022).

Sejak Maret atau sebelum Ramadan, BI telah melakukan tiga langkah untuk antisipasi peningkatan uang tunai tersebut. Pertama, distribusi uang tunai dari pusat. Kedua, program edukasi Cinta Bangga Rupiah yang terus dilakukan dengan tema layanan khusus untuk Ramadan dan Idulfitri, Serambi Rupiah Ramadan, Belanja Bijak, dan Rawat Rupiah.

Baca juga: Saat Soeharto Batal Beli Pesawat Kepresidenan 16 Juta Dollar, Tak Semua Terungkap ke Masyarakat

“Tentunya dalam melakukan hal tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan, termasuk akan digunakan layanan kas digital dengan mengoptimalkan apps dalam penukaran uang kas keliling ritel terjadwal,” jelas Budi. Ketiga, program kerja tahunan dan tahun ini oleh BI yaitu ekspedisi rupiah berdaulat di daerah 3T, yaitu terdepan, terluar, dan terpencil.

Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru tersebut, BI Jatim bekerjasama dengan 31 perbankan di Surabaya berinovasi untuk memberikan pelayanan penukaran uang rupiah yang mudah dan nyaman kepada masyarakat Surabaya melalui mekanisme drive thru. "Layanan yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya," ujar Budi.

Dengan dibukanya fasilitas layanan drive thru ini, Budi berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar. Di drive thru ini masyarakat dapat menukar dengan aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu.

"Namun demikian, kami tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak, tetap merawat uang rupiah dan mulai membiasakan diri bertransaksi secara non tunai," imbau Budi.

Layanan penukaran secara drive thru tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu tanggal 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 – 15.00 WIB yang bertempat di KPwBI Provinsi Jawa Timur.

Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta yang terdiri dari maksimal 1 pak atau bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20.000 sampai dengan pecahan Rp1.000.

"Selain layanan drive thru, kami juga menyediakan layanan penukaran uang dengan metode dan jadwal penukaran yang berbeda. Pertama, layanan penukaran melalui Mobil Kas Keliling khusus Ramadhan, dimana masyarakat dapat menukar uang rupiah di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap hari Senin dan Perpustakaan Mayangkara setiap hari Rabu selama bulan Ramadhan," beber Budi.

Pada layanan kas keliling dengan kuota penukar sebanyak 50 orang per kegiatan ini, penukar diwajibkan terlebih dahulu melakukan pemesanan slot penukaran melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Kedua, layanan penukaran di 290 titik kantor cabang perbankan yang tersebar di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

"Kami mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga dan Paham rupiah," papar Budi.
BI Jatim juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai untuk mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Sementara itu, dalam kick off layanan drive thru penukaran uang di kantor BI Jatim, ditandai dengan penghitungan uang dan penyematan topi pada petugas penukaran tersebut disaksikan secara langsung oleh pimpinan 31 perbankan wilayah Surabaya yang turut berpartisipasi pada layanan penukaran uang secara drive thru tersebut.(rie/Sri Handi Lestari).

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved