Berita Surabaya

Lihat Percikan Api Melalui Spion, Sopir Menepi, Kaget Lihat Truknya Terbakar di Jembatan Suramadu

Lihat percikan api melalui spion, sopir curiga dan memilih menepi, ternyata truk boks muatan frozen foodnya terbakar di Jembatan Suramadu.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangkalan memadamkan kebakaran truk boks pendingin bermuatan makanan beku (frozen food) di Jembatan Suramadu KM 5,4, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, Sabtu (27/8/2022) malam. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Terungkap penyebab kebakaran truk boks pendingin bermuatan makanan beku (frozen food) di Jembatan Suramadu KM 5,4, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, Sabtu (27/8/2022) malam. 

Kapolres Bangkalan, AKBP Wiwit Ari Wibisono mengungkapkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan saksi atas insiden kebakaran tersebut.

Sumber kobaran api yang akhirnya melahap bagian kepala kabin truk bernopol L-9309-CL yang dikemudikan Budino (54) berasal dari korsleting pada komponen pendingin boks truk. 

"(Penyebab kebakaran truk boks) Korsleting listrik," ujar AKBP Wiwit Ari Wibisono saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Minggu (28/8/2022). 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan, insiden tersebut bermula saat truk tersebut melaju dari arah Surabaya menuju Bangkalan. 

Setibanya di KM 5,4 atau setelah melewati bentang tengah Jembatan Suramadu, sopir melalui kaca spion melihat adanya percikan api di bagian boks belakang. 

Menyadari ada yang tak beres dengan kondisi truknya, sopir segera menepikan truk boks lalu memeriksa sumber percikan api. 

"Setelah bentang tengah Suramadu, pengemudi melihat dari spion untuk boks belakang mengeluarkan api dan pengemudi menepi dan menghentikan laju truk," ujar Dedik Irianto dalam keterangan tertulisnya. 

Ternyata percikan api tersebut berubah menjadi kobaran api yang kian membesar hingga merambat dan melumat bagian keseluruhan kabin truk. 

"Diduga api dari pendingin boks muatan, kemudian api merambat ke kepala truk hingga membesar. Pengemudi dan kernet berhasil meloloskan diri," jelasnya. 

Proses pemadam kebakaran truk dilakukan pertama kali oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangkalan, dan dibantu oleh Tim DPKP Surabaya, dengan mengerahkan tiga truk pemadam kebakaran. 

Kendaraan pemadam dari Surabaya sempat mengalami kendala kemacetan kendaraan yang berhenti sebelum lokasi kejadian, saat hendak tiba di lokasi.

Kebakaran truk boks yang dilaporkan sekitar pukul 20.16 WIB, berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.13 WIB. 

"Unit-unit dari PMK Surabaya terkendala macet karena pengendara mobil dan motor banyak yang berhenti. Yang terbakar hanya kepala truk, untuk muatan frozen food aman," pungkasnya. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Surabaya

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved