Berita Malang

UPDATE Kasus Dugaan Korupsi RPH Kota Malang, 7 Saksi Dihadirkan Dalam Persidangan

Perkara dugaan kasus korupsi Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang Tahun 2017-2018 dengan terdakwa Siti Endah Nugroho telah memasuki babak persidangan

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
Kejari Kota Malang
Suasana sidang pemeriksaan saksi RPH Kota Malang yang digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Perkara dugaan kasus korupsi Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang Tahun 2017-2018 dengan terdakwa Siti Endah Nugroho telah memasuki babak persidangan. Bahkan jalannya sidang tersebut, telah memasuki agenda pemeriksaan saksi.

Kasi Intelijen Kejari Kota Malang, Eko Budisusanto mengatakan, sidang pemeriksaan saksi digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya.

"Ada tujuh saksi yang dihadirkan di dalam persidangan. Seluruh saksi merupakan pegawai RPH Kota Malang," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (31/8/2022).

Dalam sidang tersebut, para saksi menerangkan bahwa perbuatan yang dilakukan terdakwa Siti Endah Nugroho telah melanggar hukum.

"Ketujuh saksi telah menerangkan, bahwa perbuatan terdakwa tidak sesuai undang-undang serta mengakibatkan kerugian keuangan negara," tambahnya.

Sebagai informasi, terdakwa Siti Endah Nugroho didakwa Pasal 2 ayat (1) juncto pasal 18 subsider Pasal 3 juncto Pasal 18 UU RI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UURI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Sidang berikutnya akan dilanjutkan pada Rabu (7/9/2022), dengan agenda pemeriksaan terdakwa," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus dugaan tindak pidana korupsi tersebut bermula pada bulan November 2017.

Menindaklanjuti dasar dari RKAP Tahun 2018, di mana terdapat poin mengenai investasi atau penyertaan modal dari Pemkot Malang sebesar Rp 1,5 miliar. Selanjutnya, terjadi pertemuan antara PD RPH Kota Malang yang diwakili oleh Plt Direktur PD RPH Kota Malang bernama AA Raka Kinasih dengan Andri Mulya sebagai Ketua Perkumpulan Revolusi Ternak Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved