Berita Gresik

Baru Selesai Beberapa Bulan, Proyek Saluran Air di Cerme Gresik Penutup Box Culvert Ambrol

Proyek saluran air di Desa Wedani, Kecamatan Cerme Gresik diduga dikerjakan dengan asal-asalan.

Penulis: Sugiyono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sugiyono
AMBROL - Pecahan penutup box culvert yang ambrol di proyek saluran air Desa Wedani Kecamatan Cerme yang baru selesai beberapa bulan, Rabu (28/9/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Proyek saluran air di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Gresik diduga dikerjakan dengan asal-asalan. Sebab, belum dua bulan, tutup saluran air sudah ambrol dan sudah retak-retak, Rabu (28/9/2022).

Dari informasi warga, proyek yang tertuliskan bantuan Bantuan Kegiatan (B.K), senilai Rp 400 Juta digunakan untuk membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) jalan Poros Desa (JPD) Wedani, Kecamatan Cerme.

Proyek TPT JPD Wedani tersebut sepanjang 1,40 Meter X 265 Meter dan 1,20 Meter X 265 Meter. Pekerjaan tersebut dikerjakan oleh pelaksana proyek dengan yang kebanyakan dari warga Desa Wedani Kecamatan Cerme.

Dari pantauan di lokasi, pondasi proyek terlihat batu yang ditata dan diperkuat dengan adukan semen, tanpa pondasi pasir. Kemudian, dinding belakang tidak dilapisi adukan semen dan pasir, sehingga terlihat rongga-rongga diantara batu tersebut.

Sementara, penutup saluran air menggunakan box culvert juga kekuatannya kurang kuat. Sebab, proyek saluran air yang baru selesai beberapa bulan sudah ambrol tutupnya.

Baca juga: Jalan Antardesa di Trenggalek Ambrol karena Longsor, Kini Kondisinya Sudah Ditutup Total

"Padahal ini untuk jalan, seharusnya penutup box culvert harus lebih kuat, sehingga tidak mudah pecah," kata seorang warga Desa Wedani yang enggan disebutkan namanya.

Akibat ambrolnya penutup box culvert tersebut, sangat membahayakan keselamatan masyarakat. "Lihat itu, bekas penutup box culvert dibiarkan berserakan. Itu besinya sangat berbahaya," katanya.

Sementara Kepala Desa Wedani Kecamatan Cerme Hadi Sanjaya saat dihubungi melalui telepon selulernya tidak menjawab. Bahkan, saat dikirim foto kegiatan proyek juga tidak menjawab.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved