Berita Madiun

Datang ke Masjid Bukannya Beribadah, Pria di Madiun Ini Malah Berbuat Terlarang, Bukan Kali Pertama

Aksi pencurian uang dalam kotak amal kembali terjadi di Madiun. Kali ini yang menjadi sasaran pelaku adalah Masjid Baitul Muttaqin, Kecamatan Kare

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Ndaru Wijayanto
ISTIMEWA
tangkapan layar pencuri uang dalam kotak amal Masjid Baitul Muttaqin, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun jelang Adzan Ashar 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Febrianto Ramadani

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Aksi pencurian uang dalam kotak amal kembali terjadi di Kabupaten Madiun.

Kali ini yang menjadi sasaran pelaku adalah Masjid Baitul Muttaqin, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Perbuatan terlarang tersebut terekam jelas di kamera CCTV Masjid. Terlihat eksekutor yang merupakan seorang pria menguras habis semua uang di dalam kotak amal.

Takmir Masjid Sucipto, menuturkan, pencurian itu terjadi pada Rabu (28/12/2022) sebelum adzan ashar. Sebelum melancarkan aksinya, orang itu duduk di dekat tiang masjid. 

"Kami sudah lapor ke polisi. Ciri cirinya hidungnya mancung, pakai jaket hitam, postur tubuh tinggi, dan mengenakan celana levis. Pelaku sendirian," ujar Sucipto, Jumat (30/12/2022).

Baca juga: Ngaku Tunggu Anak Berenang di Kolam Keraton, Pria di Ponorogo Gondol Kotak Amal Musala

Baca juga: Curi Uang Kotak Amal Pakai Pemukul Bedug, Pemuda Ini Bawa Kabur Rp5 Juta dari Masjid di Tulungagung

Menurutnya, pelaku mencongkel kotak amal dengan menggunakan obeng. Total uang yang digondol sekitar Rp 500 ribu. Semua uang di dalam kotak amal diambil, dan dimasukkan ke dalam saku.

"Ini sudah tiga kali. Pertama kotak amal dibuang di kebun, dan kedua kotak amal dibawa sekalian. Pelaku bukan orang sini," ungkapnya.

Terpisah, Kapolsek Kare AKP Agustinus Dwi Tjahyono menjelaskan, kronologi peristiwa tersebut pada Rabu (28/12/2022) kemarin sekira pukul 15.00 WIB, terjadi peristiwa pencurian uang di kotak amal Masjid Baitul Muttaqin, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

"Modus operandi pelaku pura pura masuk ke dalam masjid hendak melakukan sholat. Sesuai dengan keterangan para saksi dan kamera cctv yang kami pantau, pelaku menggunakan alat yang diduga sebagai obeng mencongkel kotak amal," terangnya.

"Kemudian pelaku mengambil uang dan dalam keadaan sepi baru meninggalkan lokasi kejadian. Selang beberapa saat ada jemaah atau warga yang mau sholat mengetahui kotak amal dalam keadaan rusak. Kemudian dicek uangnya kosong dan tidak ada, diduga diambil oleh pelaku," imbuhnya.

Langkah lebih lanjut yang dilakukan yakni berkoordinasi langsung dengan Satreskrim Polres Madiun untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kami menghimbau kepada takmir takmir masjid agar lebih waspada dan hati hati," pungkasnya

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved