Samsat Blusukan Bantu Masyarakat Pasuruan Untuk Bayar Pajak

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasuruan terus berinovasi memberikan dan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.

Samsat Blusukan Bantu Masyarakat Pasuruan Untuk Bayar Pajak
Surya/Galih Lintartika
INOVASI : Program samsat blusukan ini bisa menjadi solusi wajib pajak yang kesulitan membayarkan pajak. 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasuruan terus berinovasi memberikan dan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.

Salah satunya, terobosan paling anyar yaitu program Samsat Blusukan “Excellent Service For You.

Program ini ditujukkan kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk melakukan pembayaran pajak ke kantor Samsat yang tersedia.

Inovasi ini belum lama diluncurkan oleh Korps Bhayangkara.

Baca: Driver Grab Abal-abal Manfaatkan 120 Ponsel Pelor, Hasilnya Luar Biasa

Samsat Blusukan ini diadakan untuk mempermudah proses pembayaran pajak yang dilakukan masyarakat. Tanpa datang ke samsat, mereka sudah bisa membayar pajak kendaraannya baik roda dua ataupun roda empat di rumahnya masing-masing.

Bagaimana caranya ? Jadi, sistem kerja program Samsat Blusukan ini sangat mudah. Caranya, setiap orang di setiap desa di Kabupaten Pasuruan bisa mengirimkan pesan singkat ke nomor whastapp call center Kantor Samsat Pasuruan.

No WA program ini adalah 085730601015. Formatnya sangat sederhana yakni cantumkan nama, lokasi yang akan dikunjungi Samsat Blusukan, alamat pemohon, hari, tanggal, waktu, dan jumlah wajib pajak yang hendak membayarkan pajak roda dua atau roda empat.

Baca: BPOM Surabaya Sita Puluhan Kosmetik dan Makanan Berbahaya


Syarat dan ketentuan lain, setiap wajib pajak harus membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), identitas diri , bisa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

Semisal tidak memiliki itu, harus disertakan surat keterangan domisili yang dilengkapi dengan legalitas dari pemerintah desa setempat.

Kanit Reg Ident Polres Pasuruan Iptu Yudhi Anugerah mengatakan, program ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Ia ingin mengubah pola pikir masyarakat yang mulai malas membayar pajak.

“Kami ingin masyarakat Pasuruan bisa membayar pajak kendaraannya secara rutin dan tepat waktu. Jangan sampai telat ataupun menunggak pembayaran pajak ini,” katanya kepada Tribunjatim.com.

Baca: BPOM Surabaya Sita Puluhan Kosmetik dan Makanan Berbahaya

Dia mengatakan, indikasi , kesadaran masyarakat dalam membayar pajak roda dua atau roda empat sangat minim itu tinggi. Namun, bukan berarti mereka tidak mau membayar. Setelah diteliti dan dipelajari, kenapa mereka bisa telat membayar, itu karena ada beberapa alasan.

Ia mengatakan, alasan terkuatnya karena mereka tidak memiliki waktu untuk membayar pajak, karena kesibukan rutinitas pekerjaanya. Nah, dari situ, muncul ide untuk memberikan kemudahan bagi wajab pajak. Apa itu ? Program Samsat Blusukan ini bisa menjadi solusi.

“Jadi, minimal ada 20 wajib pajak. Mereka kirim WA ke kami, nanti akan kami tindaklanjuti ke depannya. Ada satu mobil samsat blusukan yang siap datang ke desa-desa. Mobil ini akan beroperasional ke desa untuk melayani masyarakat yang ingin membayarkan pajak kendaraannya,” tambah dia.

Yudhi menerangkan, dalam pelaksanaannya, program ini tidak dipungut biaya. Artinya, mendatangkan mobil samsat blusukan ini tidak mengeluarkan biaya sedikit pun, semuanya gratis. Mobil ini siap melayani kapan pun dan dimanapun masyarakat untuk membayarkan pajak.

Baca: Foto Masa Kecil Afgan Syahreza Beredar, Tangannya Jadi Sorotan Netizen: Kayak Anak Cewek Pliss

“Tinggal kirimkan saja mintanya dimana dan kapan, Kami siap melayani. Sejauh ini, respon masyarakat sangat positif. Mereka tidak kesulitan membayarkan pajak ke Pasuruan., Cukup di rumah saja, bisa membayar pajak,” terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa mobil samsat blusukan ini bisa menjangkau semua desa dan semua kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Tidak ada pertimbangan jarak dan lokasinya, semuanya akan dilayani sepenuhnya.

“ Ke depan, kami akan menambah mobil pelayanan samsat blusukan. Untuk sementara mungkin hanya satu, tapi ke depan, bisa kami tambah dua atau tiga atau bahkan lebih. Tergantung kebutuhan saja. Mobil siap keliling Pasuruan, sesuai dengan pesanan. Program ini khusus untuk membayarkan pajak tahunan, tapi kalau lima tahunan harus datang ke kantor Samsat,” pungkas dia. (lih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help