Awas, Pohon Tumbang di Jalur Utama Lumajang - Malang

- Pengendara yang melewati rute Lumajang - Malang via jalur selatan sebaiknya mewaspadai ancaman pohon tumbang dan tanah longsor di musim hujan ini.

Awas, Pohon Tumbang di Jalur Utama Lumajang - Malang
dok BPBD Lumajang
Pohon tumbang di Candipuro Lumajang 

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Pengendara yang melewati rute Lumajang - Malang via jalur selatan sebaiknya mewaspadai ancaman pohon tumbang dan tanah longsor di musim hujan ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyebut kawasan itu merupakan jalur dengan potensi kerawanan terkena bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

Seperti yang terjadi pada Rabu (14/11/2018) dini hari. Sebuah pohon besar jenis bendo tumbang di Jl Raya Dampit - Lumajang KM 59, Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Pohon tumbang sekitar pukul 02.05 Wib. Pohon tumbang berdiamater sekitar 130 centimeter itu melintang di jalan raya penghubung Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang itu. Akibatnya jalur itu tidak bisa dilewati selama beberapa jam.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang bersama personel instansi lain langsung menyingkirkan pohon itu setelah mendapatkan laporan.

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 Setelah Timor Leste, Laga Besar Menanti Pasukan Bima Sakti

Pukul 04.50 Wib, pohon mulai bisa disingkirkan dan pengendara sudah bisa melewati jalur itu. Sedangkan minibus dan mobil harus bergantian (sistem buka tutup) saat melewati jalur itu untuk memperpendek kemacetan.

"Pohon tumbang akibat hujan deras kemarin sore. Pembersihan dilakukan sampai jalur bersih dari pohon," ujar Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Rabu (14/11/2018).

Menurut Wawan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan material dalam peristiwa itu.

Wawan mengimbau masyarakat berhati-hati melintasi kawasan itu, dan jalur penghubung Lumajang - Malang di sisi selatan secara keseluruhan.

2 Pengedar Uang Palsu di Surabaya Ditangkap Polsek Karangpilang, 1 Orang Lainnya Masih Buron

"Karena rawan pohon tumbang dan tanah longsor. Tentunya kami siaga dan terus memantau jalur itu. Kepada pengendara juga harus berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terutama memasuki musim hujan ini," tegas Wawan.

Jalur Lumajang - Malang melewati sisi selatan adalah jalur perbukitan yang berkelok.
(Sri Wahyunikp/TribunJatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved