Banyak Penambang di Pamekasan yang Tak Punya Izin, Pelaku Terancam Penjara Denda Tp 1 Miliar

Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kabupaten Pamekasan melakukan sosialisasi di Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan

Banyak Penambang di Pamekasan yang Tak Punya Izin, Pelaku Terancam Penjara Denda Tp 1 Miliar
TRIBUNMADURA.COM/Kuswanto Ferdian
Suasana sosialisasi yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kabupaten Pamekasan terkait Pemantauan dan Penyuluhan Pelanggaran di Bidang Pertambangan Mineral bukan Logam dan Batuan di Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kabupaten Pamekasan melakukan sosialisasi  di Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan pada Selasa (12/3/2019)

Sosialisasi ini membahas tentang Pemantauan dan Penyuluhan Pelanggaran di Bidang Pertambangan Mineral bukan Logam dan Batuan.

Pada acara sosialisasi tersebut, sebanyak 25 penambang di Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu mendatangi balai desa setempat.

Ainur, Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Pamekasan yang sekaligus menjadi pemateri pada acara sosilasiasi tersebut mengatakan, ke 25 penambang yang hadir merupakan penambang ilegal di Desa Pademawu Timur, Kabupaten Pamekasan.

(Gegara Kelola Tambang Pasir, Pria dari Lumajang Ini Bawa Pisau Lalu Hajar Eks Kades di Rumahnya)

(Masa Tanggap Darurat Longsor Tambang Emas Ditambah, Pangkoarmada II : Maksimalkan Evakuasi)

Ainur berharap, sosialisasi ini membuat penambangan tanpa izin atau ilegal tidak beroperasi lagi di Kabupaten Pamekasan.

"Mereka sudah melanggar Perda Jatim Nomor 1 tahun 2018 tentang Wilayah Zonasi Penambangan. Wilayah izin penambangan Jatim yang diperbolehkan hanya di wilayah Bangkalan dan Gresik. Sementara di daerah lainnya harus mengurus izin langsung ke provinsi," ujar Ainur

Ainur melanjutkan, secara keseluruhan penambang di Pamekasan tidak memiliki izin dari provinsi alias ilegal.

Wilayah penambangan ilegal yang paling banyak di Pamekasan di antaranya, di Kecamatan Batumarmar, Pasean, Larangan dan Pademawu.

"Penambang ilegal itu jika masih melanggar bisa di pidana, mereka bisa dijerat hukuman 10 Tahun penjara dan denda senilai Rp 1 miliar," tegas Ainur mengakhiri.

Reporter: TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

(Wabup Jember : Semuanya Pahlawan Pejuang Penolak Tambang)

(Wisata Tebing Lingga, Bekas Tambang Batu Yang Rusak Menjadi Wisata Keluarga di Trenggalek)

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved