Misteri Penemuan Kerangka Manusia di Jember Akhirnya Terungkap, Ternyata Kerangka Nenek Jumaati

Identitas tulang kerangka yang ditemukan di perkebunan kopi PTPN XII Rayap Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa, Jember, pada 9 Maret 2019 terungkap.

Misteri Penemuan Kerangka Manusia di Jember Akhirnya Terungkap, Ternyata Kerangka Nenek Jumaati
ISTIMEWA
Ilustrasi tengkorak 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Identitas tulang kerangka yang ditemukan di perkebunan kopi PTPN XII Rayap Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa, Jember, pada 9 Maret 2019 lalu akhirnya terungkap.

Tulang kerangka itu merupakan bagian dari tubuh Ny Juma'ati alias Bu Sur, warga Lingkungan Baratan Kecamatan Patrang, Jember.

Kepastian identitas ini setelah tim Dokkes Polda Jatim melakukan otopsi terhadap tulang kerangka itu di RSUD dr Soebandi Patrang Jember.

Otopsi dan pemeriksaan DNA tulang itu dicocokkan dengan DNA warga bernama Slamet Haryadi.  Slamet merupakan anak kandung Ny Juma'ati.

Revitalisasi Pasar di Jember Ada yang Mangkrak Hingga Mei, Jaksa Geledah Kantor Pemkab Jember

Konservasi SDA Jember Terima 2 Merak Hijau dari Ponpes Madinatul Ulum, Dirawat & Lepasliarkan Satwa

"Dari hasil pemeriksaan itu ada kecocokkan, dan diketahui jika Mrs X itu merupakan ibu biologis saudara Slamet Haryadi," kata Kapolsek Arjasa AKP Eko Basuki, Jumat (21/6/2019). Ibu biologis Slamet merupakan Juma'ati yang dilaporkan hilang pada 19 Februari 2019 lalu.

Keluarga melaporkan kehilangan Juma'ati, perempuan sepuh berusia sekitar 70 tahun. Perempuan yang sudah pikun itu diketahui berjalan ke arah Arjasa, karena ingin ke rumah salah satu anaknya.

Sebelum dilaporkan ke polisi, dan setelah pelaporan, keluarga mencari keberadaan Juma'ati. Namun pencarian tidak membuahkan hasil.

Sampai pada 9 Maret 2019, seorang petani di Dusun Rayap Desa Kemuninglor, Arjasa, melaporkan penemuan tulang kerangka manusia. Akhirnya kasus itu ditangani Polsek Arjasa.

Sakit Hati Gara-gara Ditanyai Dana BOS, Guru SD Negeri di Jember Pukul Kepsek Pakai Palu

Acara Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019, Dinas Pariwisata Jember Tantang Kamu Bikin Video Kreatif

Surya memberitakan penemuan kerangka mayat tersebut. Untuk memastikan, siapa kerangka itu, polisi melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Termasuk pada 19 Juni lalu, tim Dokkes Polda Jatim melakukan otopsi mayat dan pemeriksaan DNA tulang kerangka. Hasilnya akhirnya disimpulkan jika tulang kerangka itu adalah tubuh Ny Juma'ati.

"Tidak ditemukan juga tanda-tanda tindak kekerasan di kerangka tersebut," ujar Eko. Karena sudah dipastikan bahwa kerangka itu adalah bagian tubuh Ny Juma'ati, tulang kerangka itu diserahkan kepada pihak keluarga.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved