Isi Talkshow di Surabaya Great Expo 2019, BI Jatim Optimistis Pelaku UMKM dan IKM Jatim Bisa Sukses

Peran BI Jatim di UMKM dan IKM dasarnya ialah bentuk kepedulian pihaknya terhadap fungsi dan tugas Bank Indonesia dalam menjaga nilai rupiah.

Isi Talkshow di Surabaya Great Expo 2019, BI Jatim Optimistis Pelaku UMKM dan IKM Jatim Bisa Sukses
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
(kiri) Dedy Irianto selaku Asisten Direktur BI Jatim saat menjadi narasumber utama di acara Talk Show bertema 'Kebijakan Bank Indonesia Dalam Pemberdayaan UMKM' pada gelaran hari pertama Surabaya Great Expo 2019, Rabu (14/8/2019) di Grand City Convex Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Peran BI Jatim di UMKM dan IKM dasarnya ialah bentuk kepedulian pihaknya terhadap fungsi dan tugas Bank Indonesia dalam menjaga nilai rupiah.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dedy Irianto selaku Asisten Direktur BI Jatim saat menjadi narasumber utama di acara Talk Show bertema 'Kebijakan Bank Indonesia Dalam Pemberdayaan UMKM' pada gelaran hari pertama Surabaya Great Expo 2019 di Grand City Convex Surabaya.

Dedy menyebut, dalam menjaga nilai rupiah, dasar nilai rupiahnya meliputi harga barang dan nilai uangnya sendiri.

Surabaya Great Expo 2019, Lonjakan Peserta Melebihi 100 Persen, Targetkan Transaksi Sekian Miliar

Gelaran Surabaya Great Expo 2019, UMKM Bisa Urus HAKI hingga Hak Paten Merek Secara Gratis

Dari dasar situ, lanjut Dedy, misalnya dari bawang menjadi bawang goreng, kalau memang sudah dari bawang merah orang bisa beralih ke bawang goreng tentunya tidak akan mengikuti harga yang naik turun, maka harganya bisa stabil.

"Mengenai pemberdayaan UMKM dan IKM, BI telah mengajarkan para pelaku usaha UMKM maupun IKM untuk Go Digital, kemudian bagi para pelaku usaha yang mau naik kelas juga kita tuntun untuk bisa menerima sertifikasi halal," katanya kepada TribunJatim.com, Rabu (14/8/2019) Sore.

Ditanyai soal hambatan, Dedy menjelaskan, kalo pihak dari BI sebenarnya tidak ada namun dari pihak pelaku usahanya mungkin ada.

Misalnya, masih kata Dedy, ada pelaku usaha yang pertamanya serius lalu di tengah-tengah perjalanan mundur.

Hal seperti itu juga sangat di sayangkan pihaknya, namun di tahun ini pihaknya berharap semua pelaku UMKM dan IKM semuanya optimis dalam hal berwirausaha.

"Saya juga berharap dengan adanya event Surabaya Great Expo 2019 ini para pelaku usaha dari UMKM dan IKM ini tetap terus optimis dalam berkarya dan berwirausaha, karena tidak ada yang instan semuanya bertahap, maka kita harus tetap berusaha dan optimis," tutup Dedy.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved