Pimpinan KPK, Saut Situmorang: Dalam 5 Tahun ada 150-an Pengaduan dari Jember ke KPK

Selama 2014 hingga 2019, tercatat ada sekitar 140 surat pengaduan yang dikirimkan Warga Jember ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pimpinan KPK, Saut Situmorang: Dalam 5 Tahun ada 150-an Pengaduan dari Jember ke KPK
sri wahyunik/surya
Pimpinan KPK Saut Situmorang (dua darj kanan) dan Bupati Jember Faida saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait roadshow bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Jember, Kamis (29/8/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Selama 2014 hingga 2019, tercatat ada sekitar 140 surat pengaduan yang dikirimkan Warga Jember ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pengaduan terkait kabupaten Jember ini disebut Pimpinan KPK Saut Situmorang, tidak semuanya terkait indikasi tindakan korupsi.

"Jadi per tahun di rata-rata antara 25 - 30 pengaduan," ujar Saut Situmorang saat berkunjung ke Jember pada Jumat (30/8/2019).

Namun dari ratusan pengaduan itu, sejauh ini disebut ada penindakan.

(Komisioner KPK Tawari Anggota Dewan Jember Masuk Penjara, Ini Tanggapannya)

"Apakah kalian tahu ada penindakan, belum ada. Namun kalaupun ada, saya juga nggak akan bilang dulu ke kalian (wartawan)," ucap Saut Situmorang.

"Apakah dari pengaduan itu tidak ada yang perlu ditindaklanjuti, tentunya ada. Ada beberapa hal yang harus diperbaiki, seperti tentang tata kelola (keuangan), juga hubungan antara eksekutif dan legislatif," ujar Saut Situmorang.

Saut Situmorang menambahkan, ada beberapa hal yang bisa didalami oleh KPK dari pengaduan. Pengaduan juga bisa dijadikan masukan untuk KPK.

Dia mencontohkan perihal hasil aset daerah di Jember yang dijual oleh orang lain, namun hasil penjualan itu belum diterima oleh kas daerah.

"Tentunya kalau ada masukan yang bisa kami dalami, akan kami dalami," imbuhnya.

Dia menegaskan, KPK tidak akan menuduh tanpa bukti, atau melakukan tindakan tanpa bukti.

(BREAKING NEWS - KPK Ngantor di Jember Selama Tiga Hari, Ini Tujuannya)

Halaman
1234
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved