Luncurkan Jatim Seger, Gubernur Khofifah Ajak Warga Jatim Olahraga Kapan Saja dan Dimana Saja

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur untuk aktif bergerak dan berolahraga.

Luncurkan Jatim Seger, Gubernur Khofifah Ajak Warga Jatim Olahraga Kapan Saja dan Dimana Saja
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur untuk aktif bergerak dan berolahraga dengan meluncurkan Gerakan Jatim Seger dalam puncak acara Haornas yang dilaksanakan di lapangan Pendopo Kabupaten Pamekasan Senin (16/9/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur untuk aktif bergerak dan berolahraga. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Karenanya bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 36 Tahun 2019, gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut meluncurkan gerakan Jatim Seger. Yang merupakan kependekan dari Jatim Senang Bergerak.

Jingle Jatim Seger juga diciptakan sendiri oleh Gubernur Khofifah tersebut diluncurkan di puncak acara Haornas yang dilaksanakan di lapangan Pendopo Kabupaten Pamekasan Senin (16/9/2019) pagi, lengkap dengan Senam Laga bersam seluruh peserta yang hadir.

Massa PMII UINSA Surabaya Geruduk Gedung DPRD Jatim, Ini Tiga Poin Tuntutan yang Disuarakan

Bersama Pangdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim Brigjend Pol Tony Harmanto, Ketua Perwosi Jatim Arumi Emil Dardak, Bupati Pamekasan Badrut Tamam, dan Kadispora Jatim Supratomo, Khofifah meluncurkan Jatim Seger yang rencananya akan diviralkan di sekolah-sekolah.

"Kami ingin menandai Haornas tahun ini dengan meluncurkan senam Jatim Seger. Seger itu Senang Bergerak," kata Khofifah.

Senam ini akan melengkapi tagline makan 4 sehat 5 sempurna yang kini telah diganti dengan tagline Isi Piringku. Beda dengan tagline sebelumnya yang disarankan untuk makan nasi, lauk pauk, sayur, susu dan buah maka Isi Piringku kini menyosialisasikan makanan seimbang dengan jenis mkanan yang tergantung daerah masing-masing.

Atlet Tunarungu dan 4 Atlet Jatim Dapat Beasiswa Sekolah Hingga S3 dari Gubernur dalam Haornas 2019

"Terserah isinya tergantung daerahnya masing-masing daerah. Lalu ditambah dengan bergerak. Jadi bukan olahraga yang saklek tapi bergerak, terserah mau muter-muter, lari, pokoknya ayo gerak. Makanya kita luncurkan hari ini Jatim Senang Bergerak," urai mantan Menteri Sosial ini.

Dengan konsep Jatim Seger ini maka olahraga dengan bergerak bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Tidak harus di tempat fasilitas olahraga tergentu, tempat fitness, namun tempat mana saja yang bisa membebaskan orang untuk bergerak maka bisa dijadikan sarana untuk olahraga.

"Karena mobilitas itu penting. Untuk menjaga tubuh kita bugar. Jatim Seger dan Isi Piringku," tegas Khofifah.

Lebih lanjut dalam puncak acara Haornas 2019 selain peluncuran Jatim Seger, juga diberikan penghargaan untuk atlet berprestasi, pelatih berprestasi, dan juga perusahaan yang memiliki konsen perhatian di bidang olahraga.

Selain itu juga ditampilkan atraksi sejumlah olahraga tradisional yang ditampilkan oleh para siswa siswi Kabupaten Pamekasan. Mulai atraksi Larkolarjeng, Hadang, Rab Keraben Sapeh dan Egrang.

Arumi Bachsin Apresiasi Semangat IWAPI DPD Papua yang Ikut Rakernas IWAPI ke 29 di Surabaya

Di sisi lain, Kepala Dispora Jatim Supratomo mengatakan bahwa peringatan Haornas dipusatkan di Pamekasan karena sejumlah alasan. Yang pertama adalah apresiasi sekaligus inspirasi lantaran Pamekasan dalam Porprov Jatim Pamekasan mendapatkan medali tertinggi se Madura. Yaitu 9 emas, 16 perak, dan 7 perunggu.

"Yang perlu kita apresiasi dalam Haornas adalah perhatian Ibu Gubernur pada olahraga. Beliau menginisiasi beasiswa altet dan pelatih gratis SPP dan beasiswa sampai jenjang S3," kata Supratomo.

Selain itu Khofifah juga mengembalikan periodesasi Porprov Jatim menjadi dua tahun sekali. Serta mendorong kabupaten kota untuk menggairahkan kompetisi olahraga tingkat kabupaten kota dan juga diikuti dengan kompetisi olahraga tingkat desa sebagai pembinaan olahraga berkelanjutan.

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved