Liga Indonesia

Pemkot Madiun Segera Terapkan Sistem Pendeteksi Pajak Berbasis IT

Sebagai kota yang menerapkan konsep smart city, Pemerintah Kota Madiun akan segera menerapkan sistem pendeteksi Pajak Asli Daerah (PAD) berbasis IT.

Pemkot Madiun Segera Terapkan Sistem Pendeteksi Pajak Berbasis IT
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Wali Kota Madiun, Maidi mendengarkan pemaparan mengenai solusi sistem pelaporan transaksi pajak secara realtime di Living Lab Smart City Nusantara, Jumat (20/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Sebagai kota yang menerapkan konsep smart city, Pemerintah Kota Madiun akan segera menerapkan sistem pendeteksi Pajak Asli Daerah (PAD) berbasis IT.

Sistem pelaporan transaksi pajak secara realtime ini, rencananya akan akan diterapkan akhir Desember 2019.

Hal itu disampaikan Wali Kota Madiun, Maidi seusai mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara, di Jalan Gunung Sahari Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019) lalu.

"Satu hal yang kita peroleh dan harus segera insyaallah harus selesai. Salah satunya IT pendeteksi PAD. Semua ada alatnya, ada sistemnya, sehingga setiap hari bisa dilihat berapa PAD Kota Madiun, bisa diakses secara realtime," kata Maidi.

Lagi Butuh Modal Usaha ? PT KAI Daop 7 Madiun Beri Pinjaman dengan Bunga Rendah Bagi Pelaku UMKM

Polres Madiun akan Segera Tetapkan Tersangka Kasus Galian Ilegal Watu Dakon Resort

Pertahankan Tradisi, Warga Mangirejo Madiun Kirab Budaya Tumpeng ke Petilasan Ki Ageng Mangir

Ia menuturkan, sistem pelaporan transaksi pajak secara realtime ini penting diaplikasikan guna mencegah manipulasi yang dilakukan wajib pajak.

Rencananya, sistem ini akan diterapkan akhir Desember 2019 ini.

"Paling cepat kita terapkan bulan ini hingga bulan Desember. Pendeteksi pajak daerah itu harus segera cepat kita selesaikan," tutur Maidi.

Rencananya, Pemkot Kota Madiun akan menggunakam sistem pelaporan transaksi pajak secara realtime, yang ditawarkan oleh Living Lab Smart City Nusantara.

Siang itu, Maidi mengajak sejumlah wartawan yang biasa meliput kegiatan di Kota Madiun, serta sejumlah pegawai dari Dinas Kominfo Kota Madiun, untuk melihat langsung simulasi solusi di Living Lab Smart City Nusantara.

Living Lab Smart City Nusantara merupakan program dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk menghadirkan solusi smart city di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved