Tumbuhkan Minat Baca, Wali Kota Madiun Maidi Ingin Pojok Baca Ada di Mall dan Pusat Perbelanjaan

Wali Kota Madiun, Maidi, ingin agar membaca buku menjadi kebutuhan bukan sebuah kewajiban.

Tumbuhkan Minat Baca, Wali Kota Madiun Maidi Ingin Pojok Baca Ada di Mall dan Pusat Perbelanjaan
SURYA.CO.ID/RAHADIAN BAGUS
Wali Kota Madiun Maidi - Untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar, Pemkot Madiun meluncurkan 75 perpustakaan digital dalam bentuk aplikasi. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Wali Kota Madiun, Maidi, ingin agar membaca buku menjadi kebutuhan bukan sebuah kewajiban. Sebab, dengan membaca wawasan dan pengetahuan seseorang akan bertambah.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun menyediakan 'pojok baca' di mall dan pusat perbelanjaan di Kota Madiun.

"Jadi kalau ada yang belanja di mall, Saat makan atau nunggu, bisa sambil baca buku. Ini kan bisa membuat masyarakat cinta buku," kata Maidi, usai menghadiri peluncuruan perpustakaan digital di Hotel Sun Kota Madiun, Kamis (24/10/2019).

Dia mengatakan, Pemkot Madiun terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Selain akan membuat pojok baca di mall atau pusat perbelanjaan, Pemkot Madiun baru saja meluncurkan perpustakaan digital.

Pemkot Madiun Luncurkan 75 Perpustakaan Digital, Aplikasi Berbasis Sekolah dan Perguruan Tinggi

Tak Terima Vonis 18 Tahun Penjara, Pemilik 4 Kg Sabu Madiun Curhat ke Media Beber Bos Dalam Penjara

Dia berharap dengan adanya perpustakaan digital ini bisa meningkatkan atau memperbaiki minat baca masyarakat Kota Madiun.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemkot iMadiun telah meluncurkan perpustakaan digital berisi seluruh buku koleksi perpustakaan daerah Kota Madiun dan bisa diakses masyarakat secara gratis.

Berbeda dengan iMadiun, 75 aplikasi perpustakaan digital yang baru dilaunching ini merupakan aplikasi yang berbasis di sekolah dan perguruan tinggi. 75 sekolah yang memiliki aplikasi ini terdiri dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi di Kota Madiun.

"Jadi kalau iMadiun itu berisi seluruh koleksi buku yang ada di perpusatakaan kota. Kalau 75 aplikasi perpustakaan ini khusus buku sesuai kebutuhan sekolahan dan perguruan tinggi," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Ahsan Sri Hasto.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved