Kuliner Jatim

Seduhan Kopi dari Biji Kopi Robusta dengan Rasa Coklat di Kabupaten Malang

Biji kopi jenis robusta yang ada di wilayah Dusun Blandongan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang memiliki cita rasa unik.

Seduhan Kopi dari Biji Kopi Robusta dengan Rasa Coklat di Kabupaten Malang
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Pecinta kopi sekaligus pendiri gerakan Malang Sejuta Kopi, Laksono Budiarto saat menunjukkan biji kopi yang telah diolahnya yang berasal dari wilayah Dusun Blandongan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Biji kopi jenis robusta yang ada di wilayah Dusun Blandongan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang memiliki cita rasa unik.

Pasalnya biji kopi tersebut memiliki cita rasa justru lebih mirip dengan biji coklat.

Pecinta kopi sekaligus pendiri gerakan Malang Sejuta Kopi, Laksono Budiarto mengatakan, awalnya biji kopi dengan cita rasa unik tersebut ditemukan secara tak sengaja.

"Pada tahun 2018 lalu, saya diajak bersama teman saya yang sama sama pecinta kopi menjelajahi wilayah itu. Saya dengar kalau di wilayah itu ada biji kopi yang rasanya enak, namun setelah didatangi dan biji kopi itu diolah menjadi minuman rasanya malah tidak enak sama sekali," ujar Laksono Budiarto kepada TribunJatim.com, Minggu (12/1/2020).

Bantahan Sugeng si Pemutilasi Wanita di Malang Saat Disidang, Saya Tidak Membunuh

Member Pro MeMiles Sebut PT Kam and Kam Tawarkan Jasa Iklan Bukan Investasi, Ini Jawaban Polda Jatim

Meski tidak enak, namun dirinya masih tetap penasaran terhadap biji kopi yang dimaksud.

Akhirnya, pria yang akrab disapa Sam Idub itu kembali datang ke wilayah tersebut awal Februari 2019.

"Saya langsung saja mencari petani kopi di daerah itu yang sedang panen kopi. Dan membeli biji kopi langsung dari petani lalu kita memproses dan mengolah sendiri biji kopi itu," jelas Laksono Budiarto.

Setelah diproses itulah, aroma yang keluar dari biji kopi itu justru aroma biji coklat.

Viral di Media Sosial, Kakek 70 Tahun Palak Ojek Online di Malang Town Square Ditangkap Polisi

Diduga Sopir Mengantuk, Daihatsu Grand Max Nyangkut di Pagar Pembatas Jalan Tol Jombang-Mojokerto

"Aroma serta rasa seperti pahit coklat itu makin keluar ketika biji kopi itu diolah dan diseduh menjadi minuman. Dan cita rasa unik ini tidak pernah ditemukan di biji kopi yang berada di selurh wilayah Malang Raya," imbuh Laksono Budiarto.

Laksono Budiarto mengaku, heran mengapa biji kopi itu dapat mengeluarkan aroma dan cita rasa seperti coklat. Karena seingatnya, di wilayah tersebut dulunya bukan merupakan bekas perkebunan coklat.

Terkait rencana ke depan, Laksono Budiarto akan datang lagi ke wilayah tersebut dan membeli lebih banyak biji kopi dari petani.

"Setelah itu akan kita promosikan kepada para pecinta kopi yang ada di seluruh Indonesia bahwa di Malang tidak hanya dikenal dengan biji kopi Dampitnya saja. Namun di wilayah Kecamatan Lawang juga terdapat biji kopi bercita rasa unik mirip biji coklat," pungkas Laksono Budiarto.

Harga Cabai Rawit di Pasar Tradisional Kota Malang Tembus Rp 60 Ribu Per Kg

Penyanyi Eka Deli Jalani Pemeriksaan Terkait Investasi Bodong MeMiles

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved