Tahun Baru Imlek

Boneka China dari Clay Soap Inspirasi Kerajinan Tangan Semarakkan Perayaan Imlek

Sabun batang dapat diolah menjadi clay yaitu sejenis tanah liat yang dapat dibentuk menjadi benda bernilai seni tinggi. Bagaimana bisa?

Penulis: Mayang Essa | Editor: Elma Gloria Stevani
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
FOTO WORKSHOP CLAY - Peserta serius membuat clay bertema imlek pada Clay Soap Workshop yang digelar di Praxis, Minggu (19/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mayang Essa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menjadi rahasia umum jika sabun berbentuk batang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan yang diukir menjadi bentuk bunga, topeng dan hewan.

Tidak hanya dibentuk, sabun batang juga bisa diolah menjadi clay yaitu sejenis tanah liat yang dapat dibentuk menjadi benda bernilai seni tinggi. 

Berlokasi di Praxis, Jalan Sono Kembang No.4-6, Surabaya.

Puluhan anak tampak antusias memainkan clay shop menjadi bentuk unik khas Imlek dalam Clay Soap Workshop bertajuk ‘Chinese New Year’. 

Rp 430 Juta Lebih Uang Koin Terkumpul di Gerakan BI Jatim Gerakan Peduli Koin Rupiah

Terinspirasi dari Sang Ibu, Danan Simangunsong Ciptakan Teknologi Pembuatan Mie Sehat Ketoodle

FOTO WORKSHOP CLAY - Peserta serius membuat clay bertema imlek pada Clay Soap Workshop yang digelar di Praxis, Minggu (19/1/2020).
FOTO WORKSHOP CLAY - Peserta serius membuat clay bertema imlek pada Clay Soap Workshop yang digelar di Praxis, Minggu (19/1/2020). (SURYA.CO.ID/AHMAD ZAIMUL HAQ)

“Workshop kali ini mengajarkan bagaimana cara membuat clay shop menjadi bentuk khas Imlek yaitu boneka perempuan lengkap dengan baju tradisional Cheongsam dan boneka laki-laki dengan baju tradisional Changsan,” jelas Fenchilia, Pengajar Clay Soap Craft, Minggu (19/1/2020). 

Fenchilia menjelaskan, tahapan awal pembuatan clay yaitu sabun batang diserut halus dan dicairkan hingga menjadi adonan kental. 

Arema FC Kembali Gunakan Formasi 4 Kiper Seperti Musim Lalu, Felipe Americo: Butuh Satu Kiper Lagi

Gelar Rakorda, PKS Surabaya Kuatkan Struktur Partai Hingga Tingkat Kelurahan

“Setelah menjadi adonan kental, selanjutnya diberi tepung maizena agar tidak lengket ditangan saat dibentuk,” lanjutnya. 

Adonan berbentuk clay lalu diberi warna makanan untuk mempercantik tampilan. 

Barulah kreativitas dari puluhan anak ini diwujudkan dalam membuat boneka china lengkap dengan kostum khas Imlek

“Pertama para peserta akan membentuk bagian badan terlebih dahulu, lalu disatukan dengan potongan bagian tubuh lain yang sudah dibentuk menyerupai kaki, tangan dan kepala,” jelas Fenchilia. 

Klenteng Hong San Ko Tee di Surabaya Lakukan Ritual Memandikan Patung Dewa

Libatkan 150 Personel untuk Kerja Bakti, Kini Rel Kereta Api Pasar Turi-Tandes Tak Lagi Penuh Sampah

FOTO WORKSHOP CLAY - Peserta serius membuat clay bertema imlek pada Clay Soap Workshop yang digelar di Praxis, Minggu (19/1/2020).
FOTO WORKSHOP CLAY - Peserta serius membuat clay bertema imlek pada Clay Soap Workshop yang digelar di Praxis, Minggu (19/1/2020). (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Setelahnya masuk ke tahap penyempurnaan, yaitu pemasangan accecories seperti pita, topi, komponen bagian wajah seperti hidung, alis, mata dan mulut dan rambut. 

“Kunci dari tahap penyempurnaan ini yaitu ketelitian. Karena komponen-komponen ini sangat kecil jadi dibutuhkan kesabaran ekstra agar letaknya sesuai,” paparnya. 

Clay soap memiliki bentuk elastis yang mudah dibentuk, sehingga perlu dilakukannya proses pengeringan. 

“Umumnya clay dipadatkan dengan memasukkannya di oven. Tetapi karena clay ini berbahan sabun cukup di padatkan dengan cara didiamkan selama kurang lebih 2 jam,” Kata Fenchilia. 

Clay soap ini dapat digunakan kembali menjadi sabun atau accecories lain seperti gantungan hingga hiasan pensil. 

Taman PUPR Surabaya Bakal Disulap Jadi Taman Bunga yang Apik, Risma Tinjau Progres Pembangunan

Obrak Balap Liar di Kota Malang, Polisi Sita Minuman Keras dari Dalam Mobil Berknalpot Brong

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved