Virus Corona di Jombang

Dampak Virus Corona, Ponpes Tambak Beras dan Tebuireng Jombang Pulangkan Seluruh Santrinya

Akibat pandemi virus Corona (Covid-19), pondok pesantren di Jombang, Tambak Beras dan Tebuireng, memutuskan untuk memulangkan santrinya.

facebook.com/wafiyul.ahdi
Para santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang disemprot disinfektan sebelum diberangkatkan pulang ke kampung halaman masing-masing, Maret 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Akibat pandemi virus Corona (Covid-19), pondok pesantren di Jombang memutuskan untuk memulangkan santrinya.

Seperti yang dilakukan Ponpes Tambak Beras Jombang, yang memulangkan setidaknya 7.000 santri, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pemulangan para santri dilakukan secara bergelombang, yakni mulai Jumat (27/3/2020)-Minggu (29/3/2020).

Ponpes Tebuireng Jombang pun melakukan hal serupa.

Polda Jatim Usut Kasus Praktik Penambangan Ilegal di Jombang dan Sampang, 8 Saksi Diperiksa

Aparat Gabungan Bubarkan Dzikir Bersama di Pondok Pesantren di Kebomas Gresik

Pemulangan santri ini difasilitasi oleh masing-masing ponpes, yang bekerja sama dengan sejumlah instansi di luar pesantren.

Meski begitu, ada juga santri yang dijemput secara mandiri oleh orangtua/wali murid masing-masing.

Satu di antara pengasuh Ponpes Tambak Beras, Wafiyul Ahdi, dalam akun Facebook-nya menuliskan, pihaknya memulangkan 7.000-an santri yang dibagi dalam 90-an kloter.

"3 hari ini adalah hari yang berat karena harus mengumumkan untuk memulangkan para santri agar lebih terjaga kesehatannya oleh orangtuanya sendiri di tengah mewabahnya virus Covid-19. Berat, karena kegiatan pembelajaran dan pengajian harus diliburkan," tulisnya, Kamis (26/3/2020).

"Bahkan pengajian Ramadan yang mestinya sudah mulai ditata jadwalnya harus diliburkan karena kita tidak tahu sampai kapan berakhirnya wabah virus ini," lanjutnya.

"Setelah diputuskan pemulangan para santri dengan diantar oleh armada bus menuju kotanya masing-masing untuk menghindari penumpukan massa di wilayah pesantren, dilanjutkan dengan menyusun jadwal kepulangan santri tiap daerah," tambahnya.

Halaman
123
Editor: Dwi Prastika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved