Virus Corona

Kenali 3 Kondisi Pasien Positif Covid-19, Pasien Positif Tanpa Gejala Bisa Isolasi Mandiri di Rumah

Tim Satgas Corona Rumah sakit Universitas Airlangga sebut ada 3 kondisi pasien positif Covid-19. Pasien positif tanpa gejala bisa isolasi mandiri.

Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi positif virus Corona atau Covid-19 . 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 membuat rumah sakit memprioritaskan perawatan pada pasien positif dengan keluhan kesehatan.

Tim Satgas Corona Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair atau RSUA), dr Alfian Nur Rosyid SpP menjelaskan ada tiga kondisi pasien positif Covid-19.

Pertama yaitu kondisi sehat, artinya tanpa gejala. Kedua, sakit ringan yaitu demam tidak tinggi, batuk karena kelelahan dan masih bisa beraktivitas.

Terekspos Penampilan Krisdayanti Rapat Paripurna di Rumah karena Corona: Bismillah, Selamat Bekerja

Raffi Ekspos Momen di Kasur bareng Anak & Istri, Penampilan Gigi Jadi Viral: Pemandangan Pagi Hari

Terakhir, sakit berat yaitu demam tinggi, sesak nafas, tidak dapat beraktivitas dan ada penyakit lain.

"Jika hasil positif dan tanpa gejala artinya tubuh dalam kondisi sehat dan mampu melawan virus. Tetapi perlu melakukan isolasi diri agar virus tidak menular pada orang lain, "ujarnya.

Isolasi dilakukan dalam waktu 14 hari karena virus dapat dilemahkan dalam kurun waktu 14 hari. Dan selama itu perlu mengkonsumsi makanan sehat.

Belum Dapat Kesempatan Main di Liga 1, Pemain Muda Persebaya Ini Merasa Tertantang: Harus Semangat

Sebanyak 28 Hasil Rapid Test Jatim Terdeteksi Positif, 6 Diantaranya Tenaga Kesehatan

"Kalau sakit ringan juga perlu isolasi. Tapi tidak perlu panik dan ke rumah sakit, bisa menghubungi hotlite Covid-19 RS Unair di 08871294129," lanjutnya.

Kemudian untuk penanganan sementara bisa meminum paracetamol, dan tidak mengkonsumsi obat lain kecuali diresepkan dokter.

Konsumsi makanan sehat juga harus terus dilakukan serta menggunakan masker sata bertemu orang lain. Jika keadaan memburuk bisa menghubungi rumah sakit agar ambulance segera datang.

VIRAL Kronologi Wanita Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas, Tapi Malah Jambak Istri Korban, Nasib Miris

"Sementara pasien sakit berat membutuhkan penanganan serius dengan prioritas utama. Seperti demam lebih dari 38 derajat celcius, sesak nafas berat, tidak bisa beraktivitas, muntah terus bahkan tidak sadarkan diri, "tutur dr Alfian.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved