Tangani Covid-19, Pemkab Lamongan Gunakan Dana Rp 36 M, Beli Alat AB Test dari Korsel

Bukti keseriuan dalam menangani penyebaran virus Covid-19, Pemkab Lamongan Jawa Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp 36 miliar dari APBD.

TRIBUNJATIM.COM/HANIF MANSHURI
Bupati Lamongan Fadeli 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Bukti keseriuan dalam menangani penyebaran virus Covid-19, Pemkab Lamongan Jawa Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp 36 miliar yang diambilkan dari APBD. 

Dana tersebut diantaranya untuk membeli tes kit seperti yang dipakai Korea Selatan.

Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, anggaran sebesar itu khusus untuk bidang kesehatan, pencegahan dan penanganan virus Covid-19.

Aturan Ketat Perantau Pulang Kampung ke Lamongan, Wajib Isolasi 14 Hari, Bupati Fadeli: Mau Tak Mau

Pegawai Positif Covid - 19, Puskesmas Turi Lamongan Ditutup Sementara

Lazismu Lamongan Sasar 823 Titik, juga Bantu Kaum Dhuafa Lewat ini

"Salah satunya untuk membeli alat tes Covid-19 seperti yang sudah dicoba di Korea Selatan," kata Bupati Fadeli, Selasa (7/4/2020).

Alat itu diklaim mampu mendeteksi secara cepat dan akurat orang-orang yang terinfeksi virus Covid-19. Pemkab sudah pesan alat tes bernama AB Test dan diperkirakan dalam minggu ini akan datang.

Selain bisa digunakan secara terus menerus alat itu juga bisa mendeteksi banyak orang, tergantung Reagent-nya sehingga penanganannya akan lebih cepat.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lamongan, Taufik Hidayat menambahkan, alat AB Test tersebut dibeli Pemkab Lamongan seharga Rp 280 juta dan rencananya akan ditempatkan di Puskesmas Karangkembang Babat.

Diharapkan dengan alat yang akan didatangkan dari Korea Selatan, Lamongan akan bisa melakukan pengujian dalam skala besar untuk mengidentifikasi titik infeksi.

"Kita berusaha maksimal dalam penangan wabah virus ini, " kata Taufik.

Penulis : Hanif Manshuri

Editor : Sudarma Adi

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved