Santri Terjangkit Demam Berdarah, PMI Jember Lakukan Pengasapan di Ponpes Nuris

Personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember melakukan pengasapan di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Kelurahan Antirogo,

istimewa
Relawan PMI Jember melakukan pengasapan di Ponpes Nurul Islam Jember, Selasa (14/4/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember melakukan pengasapan di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember , Selasa (14/4/2020).

Pengasapan itu dilakukan menyusul adanya dua santri Ponpes itu yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Relawan PMI melakukan pengasapan di Ponpes itu setelah dari permintaan dari pihak Ponpes. PMI menerjunkan delapan orang relawan yang mengasapi seluruh area Ponpes tersebut.

Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki mengatakan di tengah masa pandemi Virus Corona, pihaknya tidak melupakan paparan DBD di Kabupaten Jember.

“Kami saat ini memang fokus mencegah Covid-19. Tetapi relawan PMI tetap tidak melupakan DBD karena banyak juga korban DBD di Jember,” kata Zaenal kepada Tribunjatim.com, Selasa (14/4/2020).

Dia menuturkan, pengasapan di Ponpes Nuris antara lain dilakukan di asrama putra dan putri, ruang guru dan kelas SMK, juga MA, dapur, kantin, kamar mandi, rumah pengasuh Ponpes, juga ruangan lain.

THR Eselon III & IV ke Bawah Tetap Cair, Jatim Siap Ikuti Arahan Jokowi, Anggaran Tak Bakal Dikepras

Jadwal dan Live Streaming TVRI Program Belajar dari Rumah Hari Ini, Rabu 15 April 2020

Divonis 8 Tahun, Terpidana Pencabulan Ajukan Banding Atas Vonis Hakim di PN Surabaya

Selain melakukan pengasapan, relawan PMI juga menyosialisasikan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serta pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kalau hanya pengasapan tanpa PSN maka bisa jadi setelahnya, jentik-jentik jadi nyamuk lagi dan kembali mengancam manusia yang ada di sekitarnya," tegas Zaenal kepada Tribunjatim.com. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved