Breaking News:

Virus Corona di Jember

Petugas Lakukan Rapid Test ke Pedagang di Jember

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jember menggelar tes cepat atau rapid test terhadap pedagang pasar tradisional di Jember, Kamis (28/5/2020).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
sri wahyunik/surya
Tes rapid untuk pedagang Pasar Pelita di kabupaten Jember, Kamis (28/5/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jember menggelar tes cepat atau rapid test terhadap pedagang pasar tradisional di Jember,  Kamis (28/5/2020).

Rapid Test digelar di empat pasar yakni Pasar Pelita, Pasar Kepatihan, Pasar Bungur dan Pasar Kreongan.

Dari pantauan Surya, tes cepat untuk skrining Corona itu dimulai pagi sekitar pukul 06.00 Wib. Petugas menempati area pasar yang ditutup sebagai lokasi tes skrining.

Di Pasar Pelita, misalnya, petugas memakai Balai Lingkungan sebagai lokasi tes. Sebuah tenda didirikan sebagai area tunggu.

Tes itu diperuntukkan bagi pedagang. Nur Naimah, pedagang daging dan pemilik selep daging di Pasar Pelita, mengaku mengikuti tes skrining itu.

"Ya ikut anjuran pemerintah. Disuruh nutup jualan karena pasarnya tutup ya manut. Disuruh tes juga manut. Semoga sehat saja," ujar Nur.

New Normal Bakal Berlaku di Indonesia, Berikut Protokol Keamanan & Kesehatan di Institusi Pendidikan

Pasar Pelita di Jember Ditutup, Pedagang Tetap Jerjualan Hanya Bergeser Lokasi

Temuan Tulang Manusia Kuak Dugaan Skandal Anggota TNI, Mutilasi Dibantu Selingkuhan, 2 Cewek Ditahan

Sedangkan Faruk, pedagang buah yang tetap berjualan di luar kawasan Pasar Pelita, mengaku juga ikut tes.

"Ya ikut saja tadi didata. Ini nunggu panggilan. Ya takut juga sebenarnya, tapi lebih baik tahu kondisi saya, buat jaga-jaga," ujarnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jember Gatot Triyono mengatakan, tes rapid itu sebagai upaya pencegahan dan skrining penyebaran Corona di Jember.

"Gugus Tugas melakukan rapid test untuk pedagang pasar. Kalau jumlah pedagang sekitar 5.000an orang di seluruh pasar tradisional yang dikelola Pemkab Jember," ujar Gatot kepada TribunJatim.com.

Tes rapid itu akan dilakukan secara bertahap di semua pasar. Menurutnya, pedagang termasuk kelompok yang diikutkan tes rapid karena pedagang juga rentan tertular Corona akibat berinteraksi dengan banyak orang.

Tes rapid untuk pedagang diawali di empat pasar yakni Pelita, Kepatihan, Bungur, dan Kreongan.

Meskipun ada kebijakan penutupan pasar, tes rapid itu tetap dilakukan di kawasan pasar. Tes menyasar pedagang yang rumahnya di seputaran pasar, juga pedagang yang masih tetap berjualan meskipun pasarnya ditutup. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved