Pemkab Trenggalek Susun SOP New Normal Pariwisata, Bakal Usung Konsep Bersih Sehat Aman

Pemerintah Kabupaten Trenggalek sedang menyusun SOP pariwisata new normal. Kepala Dinas Pariwisata ungkap bakal usung konsep bersih, sehat, aman.

SURYA/AFLAHUL ABIDIN
Pantai Mutiara, salah satu tempat wisata di Kabupaten Trenggalek. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek tengah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) di bidang pariwisata dalam menyambut era new normal.

Targetnya SOP yang mengatur detail soal tata cara dan aturan berpariwisata di Trenggalek ini bakal rampung paling lambat akhir Juni.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengatakan, SOP itu mengusung konsep bersih, sehat, dan aman.

Rapat Rahasia Korea Utara dan China, Tertangkap Basah Susun Rencana Khusus, Ada 1 Pesan Bagi Amerika

Waspada Gejala Baru Virus Corona di Indonesia, Peneliti sampai Heran: Bukan Bermaksud Menakut-nakuti

Para pengelola wisata, baik pemerintah maupun swasta, wajib menjalankan dan mengedepankan prosedur yang akan ditetapkan nanti.

"Kebiasaan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan itu pasti. Tapi kami juga akan membuat aturan-aturan lain yang lebih spesifik," sambung Sunyoto.

Ia mencontohkan, jumlah pengunjung tempat wisata akan dibatasi dalam pembahasan SOP itu. Rencananya total pengunjung hanya diperbolehkan maksimal 50 persen dari kapasitas.

Pertamina EP Asset 4 Siapkan Protokol New Normal, Mulai Besok Interaksi Antarkaryawan Dibatasi

Sesuaikan Kemampuan Bayar Iuran, Hampir 2 Persen Peserta JKN Malang Raya Ajukan Turun ke Kelas III

"Misalnya di Pantai Prigi. Di sana kapasitas pengunjungnya bisa mencapai 1.000 orang. Nantinya dibatasi hanya boleh 500 orang," ia mencontohkan.

Contoh lain, SOP juga mengatur soal tata cara pemesanan tiket. Pihaknya merencanakan, pembelian tiket berlaku dengan sistem online.

Hal itu untuk meminimalisir kontak antara petugas di tempat wisata dan orang-orang yang datang.

Dalam penyusunan SOP itu, Disparbud Trenggalek melibatkan berbagai pihak yang selama ini berkecimpung di dunia kepariwisataan.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved