Puluhan Ikan Lumba-lumba Melompat Lincah di Perairan Gresik, Jadi Tontonan Asyik Nelayan & Pemancing

Puluhan ikan lumpa-lumpa terlihat melompat lincah di laut dekat Desa Randuboto Kecamatan Sidayu, Gresik. JAdi tontonan asyik nelayan dan pemancing.

SURYA/SUGIYONO
IKAN LUMBA - Ikan lumba-lumba terlihat meloncat di permukaan air laut di daerah perairan laut dekat Desa Randuboto Kecamatan Sidayu, Gresik, Senin (22/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Puluhan ikan lumba-lumba terlihat di daerah perairan laut dekat Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Gresik, Senin (22/6/2020).

Kepala Seksi Pengembangan Pariwisata dan Tata Kelola Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik, M Fither Kuntajaya, mengatakan, ikan lumba-lumba tersebut terlihat melompat-lombat ke permukaan air laut.

Pemandangan tak biasa itu menjadi tontonan para nelayan dan pemancing yang melintas di perairan laut dekat Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu.

Alasan Sebenarnya Soeharto Makamkan Soekarno di Blitar, Megawati Sebut Keluarga Tak Setujui

Tragedi Maut Pesta Pernikahan, Satu Keluarga di Semarang Positif Covid-19, Ibu Mempelai Tewas

"Menurut tukang perahu yang mengantarkan kami mancing, memang setiap pergantian musim penghujan ke musim kemarau, sering kali terlihat ikan lumba-lumba, tapi tidak sebanyak musim ini," kata Fither usai mancing.

Dan yang menarik yaitu, ikan-ikan lumba tersebut tidak takut dengan perahu nelayan, sehingga bisa menjadi tontonan setiap saat bagi masyarakat yang ingin menyaksikan.

Dan jumlahnya 10 ekor lebih. Mereka bergantian melompat-lompat ke permukaan air laut.

Kasus DBD Jatim Separuh dari Angka Positif Covid-19, DPRD Minta OPD Dibagi: Jangan Meremehkan

Kisah Mayat Orang Terkaya di AS Setelah Disimpan Selama 50 Tahun Demi Bangkit dari Kematian

"Ikan-ikan itu, tidak takut adanya perahu, mungkin mereka sudah santai dan menganggap perahu nelayan bukan ancaman. Sehingga, ikan-ikan itu bisa menjadi wisata baru," imbuhnya.

Menurut Fither, saat ini di Desa Randuboto sudah ada perahu wisata yang menyisir indahnya mangrove dengan menyisir muara Sungai Bengawan Solo.

"Bisa dipadukan antara wisata mangrove, mancing dan melihat ikan lumba-lumba," katanya.

Sementara, Ketua Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia Kabupaten Gresik Muis, mengatakan, daerah muara Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Sidayu sampai Ujungpangkah merupakan daerah berkembang biaknya ikan-ikan. Sehingga cocok untuk wisata memancing.

Diduga Sakit Yang Dideritanya, Pria Penjual Mainan di Kota Malang ini Ditemukan Meninggal

"Spot mancingnya sangat bagus, sebab seperti di alur Amazon, sebab kiri dan kanan sungai banyak tumbuhan mangrove," kata Muis.

Penulis: Sugiyono

Editor: Heftys Suud 

Penulis: Sugiyono
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved