Virus Corona di Banyuwangi

Tiga Hari Survei Keliling Alas Purwo hingga Kawah Ijen, Kementerian PUPR Pacu Pembangunan Banyuwangi

Kemen PUPR meninjau lokasi di Banyuwangi yang akan dikembangkan infrastrukturnya sebagai bagian dari pemulihan ekonomi daerah dari dampak pandemi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) meninjau sejumlah lokasi di Banyuwangi yang akan dikembangkan infrastrukturnya sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi daerah dari dampak pandemi virus Corona ( Covid-19 ), Minggu (9/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) meninjau sejumlah lokasi di Banyuwangi yang akan dikembangkan infrastrukturnya sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi daerah dari dampak pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman, Didiet Arief Akhdiyat, turun langsung memimpin tim.

Selama tiga hari, mereka mengunjungi sejumlah lokasi yang bakal menjadi target pengembangan.

“Kami ke Banyuwangi untuk menindaklanjuti hasil rakor bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Bapak Luhut Binsar Panjaitan, 4 Agustus lalu. Kami ingin mendetailkan titik-titik yang menjadi target pengembangan beserta item apa saja yang bisa kami bantu,” kata Didiet Arief Akhdiyat, Minggu (9/8/2020).

Selama di Banyuwangi, Didiet Arief Akhdiyat meninjau sejumlah lokasi untuk pembangunan dan pelebaran jalan, jembatan, maupun infrastruktur pendukung pariwisata.

Rute Penerbangan Banyuwangi-Bali akan Dibuka Dua Kali Sehari, Dukung Kebutuhan New Normal Pariwisata

Banyuwangi Terapkan Monitoring dan Evaluasi Ketat Protokol Kesehatan Covid-19 di Sektor Industri

Salah satu lokasi yang ditinjau adalah Alas Purwo, sebuah taman nasional yang di dalamnya ada Pantai Plengkung yang biasa diebut G-Land oleh para peselancar.

Pantai ini telah ditunjuk sebagai tuan rumah World Surf League, ajang selancar paling bergengsi sedunia, pada Juni 2021.

Selain Taman Nasional Alas Purwo, tim Kementerian PUPR juga meninjau Pantai Pulau Merah, Agro Wisata Tamansuruh, hingga Kawah Ijen.

“Kami keliling ingin mendetailkan kebutuhan yang sifatnya urgen dari semua pekerjaan yang akan kita lakukan. Juga menentukan bersama target serta prioritas apa saja yang akan dikerjakan dan berapa lama bisa diselesaikan,” cetus Didiet.

700 Tempat Usaha di Banyuwangi Telah Mendapat Sertifikasi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Datangi Puskesmas Kalibaru Kulon Banyuwangi, Bupati Anas Cek APD sampai Dorong Imunisasi Jemput Bola

Sebelumnya, dalam rakor yang dipimpin Luhut Panjaitan dan diikuti sejumlah menteri via video conference, diputuskan pemerintah pusat akan menggeber kebijakan percepatan pengembangan sejumlah kawasan di Banyuwangi. Mulai infrastruktur jalan, transportasi udara, hingga pariwisata yang berpadu dengan UMKM dan sektor pertanian.

Di antaranya adalah percepatan pengembangan amenitas di sejumlah lokasi destinasi Banyuwangi.

Ada pula percepatan penyelesaian pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS), terminal terpadu, dan berbagai infrastruktur lainnya. Juga pembukaan kembali penerbangan Banyuwangi-Bali.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat kepada Banyuwangi.

Bocah 16 Tahun Trenggalek Cekik Bayinya hingga Tewas, Sang Kekasih Kabur, Kakek Syok Temukan Jasad

Buk Brombong Ngantru Tulungagung Jadi Black Spot, Usulan Pelebaran Terkendala Pandemi Covid-19

Dengan percepatan pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, kata Abdullah Azwar Anas, akan mempercepat pemulihan Banyuwangi sebagai salah satu sentra perekonomian di timur Jawa.

“Terima kasih bapak presiden, pak Luhut, para menteri, dan Gubernur Jatim Ibu Khofifah. Dukungan ini menyemangati daerah untuk terus berbenah. Apa-apa yang tidak bisa dilakukan daerah karena keterbatasan wewenang dan dana, pusat dan provinsi langsung sigap membantu," kata Abdullah Azwar Anas.

Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono mengatakan, dari pembahasan bersama tim PUPR, ada sejumlah hal yang bakal dieksekusi dalam waktu dekat ini.

"Tahun ini mulai ada beberapa pekerjaan yang segera digarap sesuai permintaan dari Pemkab Banyuwangi. Semoga semua berjalan lancar," kata Mujiono.

Editor: Dwi Prastika

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved