Breaking News:

Disperindag Jatim Bentuk 'Jatim IT Creative', Dukung Bisnis Startup di Tengah Pandemi Covid-19

Disperindag Provinsi Jawa Timur komitmen mendukung bisnis startup di tengah pandemi Covid-19. Bentuk Jatim IT Creative (JITC).

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
(baju putih) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan ketika memantau langsung kegiatan para komunitas Start Up yang telah bergabung di JITC. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur berkomitmen selalu mendukung bisnis startup di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Bentuk komitmen dukungan tersebut ditunjukan dengan menginisiasi terbentuknya Jatim IT Creative (JITC).

Dibentuknya JITC dilatarbelakangi potensi industri kreatif dan digital saat ini yang tengah menjadi sorotan dan tak bisa dianggap sebelah mata.

Tak Mau Rugi, Arema FC Pastikan Hapus Sistem Kontrak Pakai DP untuk Pemain dan Pelatih: Memberatkan

20 Sekolah di 5 Kecamatan di Trenggalek Susul Pembelajaran Tatap Muka

Kepala Disperindag Jawa Timur, Drajat Irawan menyampaikan, jika melalui industri digital yang didalamnya mencakup proses produksi dan pemasaran, maka perekonomian startup tidak saja mampu untuk merambat tetapi bisa sekaligus melompat dalam mempercepat tercapainya kesejahteraan.

“Sektor digital melalui e-commerce sebagai salah satu sektor potential winner pada masa pandemi memiliki potensi positif untuk tetap survive, karena perubahan pola hidup masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah (work from home, school from home) sehingga akses penggunaan internet termasuk media sosial meningkat,” ungkap Drajat kepada TribunJatim.com, Selasa (1/9/2020) di kantor Disperindag Jatim.

Polisi Temukan Proyektil Peluru di ATM Klojen Kota Malang, Diduga Pelaku Mengira Mengisi Uang ATM

Geger Status WA Foto Perangkat Desa Muda Tidur dengan WIL, Si Istri: Kau Berani Jajan Wanita Lain!

Menurutnya, adanya JITC  merupakan peluang bagi para pengusaha untuk tetap bertahan dengan
meningkatkan penjualan secara daring.

Tentunya dengan didukung tampilan menarik melalui pemanfaatan digitalisasi untuk desain produk, foto produk, tutorial produk berupa video, animasi bahkan komik digital, serta perlu juga memperhatikan kelengkapan perijinan dan standardisasi produk.

“Untuk meningkatkan Industri Kreatif berbasis digital di Jawa Timur perlu dilakukan upaya untuk membangun sebuah wadah sebagai sarana dan prasarana start-up digital serta komunitas dalam berkolaborasi, upgrade dan transfer knowledge antara start-up dan masyarakat tentang bisnis dan pengembangan industri kreatif berbasis digital,” ujar Drajat.

Berkaca pada hal tersebut lah, kata Drajat, maka Disperindag Prov. Jatim telah menginisiasi terbentuknya Jatim IT Creative (JITC) dengan dilengkapi serangkaian fasilitas diantaranya magang, coworking space, hingga meeting room free of charge.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved