Breaking News:

Kantor KPU Kota Batu Bakal Jadi Tempat Uji KIR, Wakil Wali Kota Punjul Santoso Lakukan Peninjauan

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso meninjau Kantor KPU Kota Batu untuk melihat rencana pengadaan tempat uji KIR di KPU.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
SURYA/BENNI INDO
Kantor KPU Kota Batu yang terletak di Jl Raya Tlekung No 212, Junrejo, Kota Batu. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso meninjau Kantor KPU Kota Batu bersama Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono, dan Kepala BPKAD Kota Batu, M Chori pada Selasa (6/10/2020).

Peninjauan itu untuk melihat rencana pengadaan tempat uji KIR di KPU.

Punjul Santoso mengatakan, sebetulnya Pemkot Batu memiliki alternatif tempat lain selain di kantor KPU, yakni di sekitar Krematorium Mojorejo dan di tanah lapang Dadaptulis Dalam, Dadaprejo.

Namun dari alternatif tempat yang ada, kantor KPU dinilai yang representatif untuk uji KIR, minimal kelas jalan kota.

Sedangkan kelas jalan di Dadaprejo masih kelas kecamatan. Sehingga belum ideal untuk dijadikan tempat uji KIR. Sementara kantor KPU dinilai representatif dan akses jalan memadai untuk dilewati kendaraan bertonase berat.

"Karena untuk kendaraan besar seperti truk gandeng akses jalannya kurang pas kalau ditempatkan di Dadaptulis Dalam," kata Punjul Santoso, Selasa (6/10/2020).

Harga Tiket Masuk Jatim Park Group dan Jam Operasionalnya, dari Batu Secret Zoo hingga Museum Angkut

Meski begitu, pemilihan tempat uji KIR di gedung KPU masih belum final. Butuh koordinasi lebih lanjut antara Pemkot Batu dan KPU.

Rencananya, kedua belah pihak akan mengadakan pertemuan pada Kamis (8/10/2020).

Sementara itu, KPU Kota Batu akan berpindah karena lokasi yang sekarang akan digunakan untuk tempat uji KIR. Ada dua opsi pilihan tempat, yakni di eks Kantor Disparta Kota Batu, Jalan Sultan Agung ataupun eks Kantor Disdik Kota Batu, di Jalan Bukit Berbunga Sidomulyo.

Proses pemindahan tempat kerja KPU juga perlu persiapan matang, terutama dari sisi anggaran dan perencanaan. Tidak bisa serta merta dilakukan pemindahan karena belum ada persiapan anggaran menyangkut pemindahan. Maka kendala ini akan dikoordinasikan lebih lanjut antara KPU dan Pemkot Batu.

Realisasii Target dari Sektor Perizinan di Kota Batu Capai 70 Persen per September

"Di sisi lain, komisioner KPU mengusulkan ke Pemkot Batu untuk menyediakan lahan kosong yang akan dijadikan gedung definitif KPU. Anggaran pembangunan gedung definitif akan diajukan ke KPU RI," papar politisi PDI Perjuangan ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Imam Suryono mengatakan, Pemkot Batu sangat membutuhkan tempat uji KIR agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik. Selama tidak ada tempat uji KIR di Kota Batu, para sopir melakukannya ke Kabupaten Malang. Suatu hal yang menurut Imam harus diubah.

“Saya kantor KPU Batu saat ini ideal untuk kelas Kota Batu. Kalau tidak punya uji KIR, tidak bisa melayani masyarakat,” terangnya.

Dewan Anggap Pemkot Malang Tak Serius Selesaikan Permasalahan di Pasar Besar, Gadang dan Blimbing

Tantangan yang tengah dihadapi oleh Dishub Kota Batu saat ini adalah permintaan oleh pihak Kabupaten Malang terhadap kartu induk. Imam tidak ingin kartu induk tersebut berpindah ke Kabupaten Malang.

“Ada 7000 an lebih kendaraan, kalau itu diserahkan ke sana, kami tidak punya apa-apa. Makannya saya ingin segera penetapan lokasi.  Di Dadaprejo, tanah luas tapi jalan tidak memungkinkan, di Tlekung, tapi itu harus bangun dari awal, jadi kapan mau melayani masyarakat,” paparnya.

Editor: Dwi Prastika

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved