Apotek Online Lifepack

Awas! Ternyata Hipertensi Bisa Sebabkan Stroke, Berikut Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Awas! Ternyata hipertensi bisa sebabkan stroke lho, berikut ini adalah cara mencegah tekanan darah tinggi.

Editor: Dwi Prastika
Freepik by pressfoto
Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi 

TRIBUNJATIM.COM - Hipertensi merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat. Mungkin Anda juga sudah sangat familiar dengan penyakit yang satu ini.

Menurut hasil data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, terdapat 34,1 persen orang dengan hipertensi berdasarkan diagnosis dokter. Angka tersebut tentu bukan angka yang kecil. Terlebih hipertensi terkenal dengan julukannya sebagai The Silent Killer karena sering hadir tanpa gejala dan dapat berakibat pada kematian.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi ketika ukuran tekanan darah lebih tinggi dari ukuran normal. Menurut WHO, ukuran tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Tekanan darah seseorang dikatakan tinggi jika tekanan darahnya melebihi 140/90 mmHg.

Tekanan darah dihasilkan oleh dorongan darah yang dipompa oleh jantung. Jika terdapat plak atau penyempitan pembuluh darah, hal ini dapat menyebabkan jantung kesulitan memompa darah akibat tingginya tekanan. Semakin tinggi tekanan, maka semakin sulit jantung memompa.

Selain kehadirannya yang sering tanpa gejala, ternyata hipertensi juga bisa mengakibatkan komplikasi, salah satunya adalah stroke.

Mengapa hipertensi dapat sebabkan stroke? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Hipertensi Sebabkan Stroke

Terkadang kita menganggap tekanan darah tinggi merupakan hal yang sepele. Padahal jika tidak segera ditangani, hipertensi dapat berkembang dan menimbulkan komplikasi, salah satunya adalah stroke.

Tekanan darah yang tinggi menyebabkan pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat atau bahkan pecah dan menyebabkan stroke. Stroke menyebabkan sel-sel di otak mati mendadak karena kekurangan oksigen akibat aliran darah yang mengantar oksigen ke otak tersumbat.

Seperti hipertensi, umumnya stroke terjadi secara mendadak dan tanpa gejala. Biasanya seseorang akan mengalami kekakuan atau kelumpuhan pada sebagian atau seluruh sisi tubuh. Tentu kondisi ini merupakan kondisi yang tidak diinginkan semua orang. Mengingat tingkat kecacatan yang tinggi akibat stroke.

Apa Saja Tanda Hipertensi?

Biasanya hipertensi tidak menunjukkan gejala hingga menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun jika tekanan darah sedang tinggi, biasanya Anda dapat merasakan beberapa tanda, seperti:

●      Sakit kepala

●      Mimisan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved