Breaking News:

Polres Magetan Selidiki 2.000 Kotak Amal yang Diduga Digunakan untuk Mendanai Kelompok Teroris

Polres Magetan masih selidiki 2000 kotak amal yang diduga digunakan untuk mendanai kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

ISTIMEWA VIA TRIBUN MADURA
Ilustrasi kotak amal. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Rahadian Bagus

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Polres Magetan menindaklanjuti temuan dari Tim Densus 88 Mabes Polri, terkait dengan temuan kotak amal diduga mendanai kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) tersebar di 12 daerah. 

"Kami hanya sebatas lidik, mengumpulkan data, mengumpulkan informasi. Karena, yang punya kewenangan adalah tim penyidik dari Mabes Polri," kata Kapolres Magetan, AKBP Festo Ari Permana, ketika dihubungi, Kamis (17/12/2020) sore.

Namun, ia membenarkan berdasarkan penyelidikan memang benar terdapat kotak amal seperti yang dimaksud, tersebar di sejumlah tempat di Magetan. 

"Ada di tempat- tempat pelaku usaha. Ada yang di warung makan, toko kelontong," katanya.

Ia mengatakan, sama seperti dengan keterangan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, pada Kamis (17/12/2020), kotak amal tersebut berbentuk kotak kaca dengan rangka kayu. 

"Semuanya sama, tidak ada ciri-ciri khusus, semuanya tersamar seperti kotak amal pada umumnya," jelasnya.

Baca juga: Diamankan Polisi, Pengedar Pupuk Palsu di Madiun Mengaku Beli Pupuk dari Produsen di Gresik

Baca juga: Jamaah Islamiyah Diduga Sebar Ribuan Kotak Amal, Polrestabes Surabaya Siap Bantu Densus 88 Selidiki

Saat ini, pihaknya masih menunggu instruksi atau petunjuk dari Mabes Polri, terkait dengan temuan tersebut, sembari mengumpulkan data di lapangan.

"Kami masih menghimpun data di lapangan, dan kami koordinasikan dengan penyidik Mabes Polri. Pokoknya kami siap memback-up, karena yang punya kewenangan, termasuk yang tahu terkait aliran dananya, adalah penyidik dari Mabes Polri," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, menyampaikan, kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) diduga mendanai aksinya dengan mengumpulkan dana lewat kotak amal atas nama sebuah yayasan.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved