Breaking News:

Proyek Pembangunan Pedestrian Sisi Barat Jalan A Yani Kota Nganjuk Tuntas Sesuai Target

Proyek pembangunan pedestrian di jalan A Yani Kota Nganjuk sisi barat telan anggaran hingga Rp 8 miliar resmi selesai dikerjakan.

SURYA/Achmad Amru Muiz
Pedestrian sisi barat jalan A Yani Kota Nganjuk yang selesai dibangun Pemkab Nganjuk dalam rangkan penataan ibu Kota Kabupaten Nganjuk. 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Proyek pembangunan pedestrian di Jalan A Yani Kota Nganjuk sisi barat telan anggaran hingga Rp 8 miliar resmi selesai dikerjakan.

Hal itu ditandai dengan diserahkanya proyek pedestrian tahap I tersebut kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) oleh rekanan pelaksana proyek pada 28 Desember 2020 lalu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Nganjuk, Suharono mengatakan, dengan diserahkanya proyek pedestrian sisi barat jalan A Yani Kota Nganjuk tersebut masih ada penyerahan tahap II atau dalam masa perawatan hingga bulan Juni 2021.

"Dalam masa perawatan tersebut kondisi pedestrian harus tetap bagus, dan akan dilakukan pengawasan dan pemantauan ketat atas kondisi pedestrian sebagai awal penataan ibu Kota Kabupaten Nganjuk tersebut," kata Suharono, Senin (4/1/2021).

Dijelaksan Suharono, sebenarnya setelah dilakukan penyerahan tahap I tersebut pedestrian bisa difungsikan secara maksimal. Termasuk menyalakan lampu penerangan jalan yang terpasang di sepanjang pedestrian.

Baca juga: Cegah Kerumunan, Satgas Covid-19 Nganjuk Imbau Peserta Motor Trail di Bumi Perkemahan Bubarkan Diri

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Satgas Nganjuk Intensif Gelar Operasi Yustisi di Pusat Keramaian

Hanya saja, karena ada instruksi dari tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk untuk sementara mematikan lampu penerangan pedestrian dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona maka lampu dimatikan hingga tanggal 5 Januari 2021.

"Tapi untuk menyalakan lampu Pedestrian tersebut terlebih dahulu kami akan kembali berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19. Karena dengan dinyalakanya lampu pedestrian dipastikan akan banyak warga datang dan menikmati pedestrian jalan A Yani Kota Nganjuk sehingga berpotensi menimbulkan kerumunan," ucap Suharono.

Lebih lanjut dikatakan Suharono, Pemkab Nganjuk dipastikan akan melanjutkan pembangunan pedestrian di Kota Nganjuk di sisi timur jalan A Yani sepanjang dua kilometer dan satu kilometer untuk penambahan pedestrian sisi barat. Untuk membangun pedestrian total sepanjang tiga kilometer tersebut telah disediakan anggaran hingga mencapai Rp 25 miliar.

Sesuai jadwal, ungkap Suharono, bulan Januari 2021 ini Dinas PRKPP akan memulai lelang perencanaan, kemudian dilanjutkan lelang fisik pada bulan Februari 2021.

Baca juga: Dorong Pengembangan Usaha, 17 BUMDESMA di Nganjuk Dapat Bantuan Sarana dan Prasarana Operasional

"Diharapkan, pada bulan April nanti proyek pedestrian sisi timur jalan A Yani dan kelanjutan pedestrian sisi barat jalan A Yani sudah bisa mulai dibangun dan ditargetkan selesai pada bulan Agustus 2021 mendatang," tutur Suharono.

Sebelumnya Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat mengatakan, pihaknya akan melanjutkan penataan ibu Kota Kabupaten Nganjuk menjadi kota lebih maju dan indah. Hal itu dilakukan dalam upaya peningkatkan dan pengembangan perekonomian Kabupaten Nganjuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Yang jelas, kami akan berupaya menjadikan Kota Nganjuk sejajar atau lebih bagus dari Kota-kota lain yang ada sekarang ini. Bahkan kamipun berkeinginan untuk bisa menjadikan Kota Nganjuk layaknya orchid di Singapura," tutur Novi Rahman Hidhayat. (SURYA/Achmad Amru Muiz)

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved