Breaking News:

Wali Kota Batu Gagas 'Shining Brantas', Komiten Melindungi Sungai dari Potensi Kerusakan

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memperkenalkan program Shining Brantas, Sae Ning Brantas. Komitmen melindungi sungai dari potensi kerusakan.

SURYA/BENNI INDO
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menanam bibit pohon beringin didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aries Setiawan di Arboretum Brantas, Minggu (10/1/2021) 

TRIBUNJATIM, BATUDinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu terus menggencarkan komitmen melindungi Sungai Brantas dari potensi kerusakan.

Salah satunya dengan upaya konservasi dan edukasi menjaga sungai.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memperkenalkan program terbaru yakni Shining Brantas, Sae Ning Brantas, Minggu (10/1/2021).

Melalui program tersebut, mulai Januari hingga Juli mendatang, Pemkot Batu bersama masyarakat akan giat membersihkan Sungai Brantas.

Baca juga: Astaghfirullah, Ratapan Ibu Penumpang Sriwijaya Air SJ 182, Anak Sempat Kirimi Foto: Banyak Senyum

Baca juga: Sulitnya Evakuasi Potongan Tubuh Penumpang SJ 182, Menempel, Tim SAR: Badan Pesawat di Bawah laut

Dikatakan Dewanti, Kota Batu sebagai hulu Sungai Brantas memiliki peran penting untuk mengendalikan ekosistem sungai. Maka dari itu, gerakan yang nyata harus dilakukan.

“Sejak tiga tahun lalu ada Komunitas Sabers Pungli yang sangat peduli dengan Kali Brantas dan ekosistem sekitarnya di Kota Batu,” katanya, Minggu (10/1/2021).

Dewanti mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan keberadaan Sungai Brantas. Pasalnya, Sungai Brantas tidak sekadar sebagai sungai saja, namun juga memiliki peran menopang pertanian, perikanan dan bahkan pariwisata.

Baca juga: Diparkir Hendak Ambil Orderan, Motor Pengemudi Ojek Online Kota Malang Hilang di Gang Dekat Rumah

Baca juga: Rahmad Darmawan Apresiasi Pengembangan Akademi Madura United, RD: Kebutuhan Wajib Klub Profesional

“Mulai hulu sampai hilir harus terurus dengan rapi karena Sungai Brantas adalah sumber kehidupan yang mempunyai kebanggaan sendiri. Shining Brantas memiliki tema kearifan lokal, agar dapat mengangkat harkat martabat sungai sebagai sumber kehidupan,” terangnya.

Selama ini, kegiatan Sabers Pungli membersihkan Sungai Brantas hanya terdengar di Kota Batu saja.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved