Breaking News:

Tahun 2020, BPJAMSOSTEK Bojonegoro Bayarkan Klaim hingga Rp 76,4 Miliar

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bojonegoro, Jatim, telah membayarkan klaim kepada peserta sebesar Rp 76,4 miliar.

Editor: Pipin Tri Anjani
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bojonegoro, Jatim, telah membayarkan klaim kepada peserta sebesar Rp 76,4 miliar pada periode Januari hingga Desember tahun 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bojonegoro, Jatim, telah membayarkan klaim kepada peserta sebesar Rp 76,4 miliar pada periode Januari hingga Desember tahun 2020.

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bojonegoro Dolik Yulianto, Kamis, mengatakan pembayaran klaim sebesar Rp 76.424.936.965 tersebut merupakan angka total untuk klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP) periode pembayaran mulai 1 Januari 2020 sampai dengan 31 Desember 2020 dengan jumlah total klaim mencapai 8.402 kasus.

"Pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan yang paling banyak dari klaim program lainnya," ujar Dolik kepada wartawan.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro Gelar Sosialisasi dan Rekrutmen Agen Perisai

Baca juga: Didominasi Jaminan Hari Tua, BPJAMSOSTEK Jawa Timur Bayar Klaim hingga Rp 4,2 Triliun

Menurut dia, sesuai data, klaim untuk JHT mencapai 5.102 kasus, klaim JKM mencapai 238 kasus, klaim JKK sebanyak 741 kasus, dan klaim JP sebanyak 2.321 kasus .

Secara rinci, klaim JHT sebanyak 5.102 kasus tersebut, jumlah nominal yang dibayarkan mencapai Rp 59.655.503.450 untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro

Klaim JKM sebanyak 238 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan mencapai Rp 9.616.000.000 meliputi wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kemudian klaim JKK sebanyak 741 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan mencapai Rp 5.202.925.825 Meliputi Kabupaten Bojonegoro.

Sedangkan klaim JP sebanyak 2.321 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan mencapai Rp 1.950.507.689 meliputi wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Pelayanan BPJAMSOSTEK Bojonegoro Ida Dwi Patnurjati mengatakan tingginya tingkat klaim JHT yang mencapai 5.102 kasus sampai dengan triwulan 4 tersebut karena kondisi pandemi COVID-19 saat ini. Hal tersebut karena banyaknya pekerja yang terputus PHK oleh perusahaannya pada bulan Maret - Desember 2020. Pada masa pandemi ini klaim JHT pada periode 1-14 Januari 2021 saja mencapai Rp 1.187.075.860 dengan jumlah klaim sebanyak 83 kasus pada pekan kedua bulan ini," kata Ida.

Meskipun pada masa sulit, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi peserta ataupun ahli waris peserta yang ingin mengajukan klaim jaminan sosial ke BPJAMSOSTEK Bojonegoro dengan pelayanan aplikasi Lapak Asik online, onsite dan kolektif perusahan, hal ini merupakan alternatif saat Pandemi Covid-19 guna mengurangi kontak fisik secara langsung. Layanan ini juga telah diluncurkan dan dipergunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan sejak Maret 2020. Tentunya, hal ini juga menjadi alternatif untuk memudahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengurus klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di masa Pandemi Covid-19. Ujar Ida.

"Kami akan memberikan layanan terbaik, meskipun saat ini dalam situasi sulit (COVID-19)," kata dia.

Ida meminta bagi peserta yang ingin mengajukan klaim agar melengkapi berkas persyaratan pencairan yang dibutuhkan sesuai dengan aturan yang ditetapkan agar pembayaran santunan dan manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cepat.

"Aturannya sepekan setelah pemasukan berkas sudah bisa cair. Namun, jika berkas telah lengkap, kami jamin maksimal tiga hari sudah bisa cair," katanya.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran COVID-19, BPJAMSOSTEK Bojonegoro mulai melakukan penyesuaian pelayanan di seluruh unit kerja dengan memberikan Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK).

Ia memastikan LAPAK ASIK tersebut tidak menghalangi kenyamanan pemberian layanan kepada peserta. Informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan www.bpjsketenagakerjaan.go.id akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo atau akun Youtube BPJS Ketenagakerjaan youtube bit.ly/LAPAKASIK.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved