Breaking News:

Pemkot Batu Tawarkan Relokasi bagi Warga Terdampak Longsor di Dusun Brau

Pemerintah Kota Batu menawarkan relokasi kepada masyarakat yang rumahnya terdampak maupun berpotensi terdampak bencana alam longsor di Dusun Brau

TribunJatim.com/ Beni Indo
Longsor di Brau, Kota Batu 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Pemerintah Kota Batu menawarkan relokasi kepada masyarakat yang rumahnya terdampak maupun berpotensi terdampak bencana alam longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji

Tawaran itu sebagai solusi jangka panjang, sedangkan solusi jangka pendek, sejumlah warga telah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Diinformasikan, musibah tanah longsor terjadi pada Kamis lalu (14/1/2021). Akibat musibah tersebut, 11 rumah yang dibangun di tepi tebing nyaris longsor. 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko telah meminta petugas untuk mengungsikan 15 KK yang menempati 11 rumah. Ia meminta kepada lurah, camat maupun tokoh masyarakat untuk mengungsikan warga terdampak ke rumah kerabat atau saudaranya.

Baca juga: Diguyur Oleh Hujan Deras, Tiga Titik Longsor Terjadi di Trenggalek

Terkait relokasi, Dewanti menyadari bukan perkara mudah. Perlu ada pembicaraan dan kesepahaman bersama antara Pemkot Batu dengan warga terdampak. 

Apalagi warga telah lama tinggal di rumah yang selama ini menjadi tempat berlindung.

"Setuju dilakukan relokasi atau tidak, selanjutnya kami juga mencari lokasi yang aman untuk dilakukan pemindahan rumah warga,” kata akhir pekan ini.

Dewanti belum bisa memastikan kapan relokasi akan dilakukan. 

Pastinya, relokasi merupakan pilihan yang tepat dan akan lebih baik jika segera dilaksanakan. Hujan masih terus terjadi sepanjang pertengahan Januari ini.

Pantauan di lokasi, rumah-rumah yang nyaris ambruk itu berdiri di tepi tebing dengan kecuraman hampir 90 derajat. Rumah-rumah tersebut sangat beresiko karena berada di tepi tebing yang terjal.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved