Valentine saat Pandemi, Penjualan Bunga Mawar di Kota Malang Menurun Drastis

Pandemi Covid-19 menjadi momok menakutkan bagi semua pelaku usaha, termasuk pelaku usaha yang berjualan bunga di Kota Malang

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Rifky Edgar
Penjualan bunga untuk Valentine di Malang menurun 

Reporter: Rifky Edgar | Editor: Januar 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pandemi Covid-19 menjadi momok menakutkan bagi semua pelaku usaha, termasuk pelaku usaha yang berjualan bunga di Kota Malang.

Menjelang perayaan Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, penjualan bunga untuk perayaan Valentine menurun drastis.

Padahal, momen Hari Valentine ini cukup dieluh-eluhkan para penjual bunga di Kota Malang untuk mendongkrak omset penjualan mereka.

"Ini saja H-1 baru 1.500 tangkai bunga mawar yang sudah laku. Dan itu pun pesanan," ucap Bu Bibit, satu di antara penjual bunga di Pasar Bunga Kota Malang, Sabtu (13/2/2021). 

Curi Motor Saat Dicuci di Teras Rumah, Pelaku Dikejar Polisi Gresik hingga Jawa Tengah

Pada Hari Valentine di tahun 2021, Bu Bibit hanya menyediakan 3.000 tangkai bunga mawar saja.

Jumlah tersebut sedikit berkurang dari tahun lalu yang mencapai 5.000 tangkai bunga mawar dengan tiga macam corak warna. Yakni merah, putih dan merah muda.

Perempuan yang sudah berjualan bunga sejak enam tahun lalu itu pun mengaku, pandemi Covid-19 jadi salah satu penyebab bunganya susah laku.

Selain adanya pandemi, permasalahan lain yang jadi kendala ialah tidak banyak bunga yang disetor oleh petani.

Pasalnya, ada hama bubuk yang kini sedang menyerang para petani bunga Mawar. Hal ini menjadi pasokan bunga mawar menjadi sedikit.

"Hama bubuk dan musim hujan ini membuat kami hanya dapat sedikit bunga mawar. Kendala ini juga dirasakan petani kami yang ada di Batu, Bangil dan Nongkojajar," ucapnya.

Harga Bunga Valentine yang dijual oleh Bu Bibit cukup bervariasi. Hal itu tergantung dari paket penjualan yang dia rangkai.

Yakni mulai dari harga Rp 3.000 untuk satu tangkai Bunga Mawar, hingga Rp 30.000 - Rp 70.000 untuk bunga mawar yang sudah dirangkai dengan tambahan boneka, coklat dan bunga lain.

"Semoga saja nanti malam atau besok saat Valentine bunga saya laku. Saat ini kami sedang memproses untuk merangkainya sembari menyelesaikan pesanan," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved